Disdukcapil Keluhkan Air Bersih

Bagikan Bagikan
Kadispencapil, Jhon Wicklif Tegai
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Mimika Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif Tegai mengeluhkan macetnya pasokan air yang akan dipergunakan untuk keperluan kamar WC pada kantor tersebut.

John mengatakan hampir sebulan merasa risih untuk menggunakan WC tersebut. Selain itu ia mengakui, akibat dari macetnya pasokan air, keadaan WC tersebut menjadi jorok karena selain dipergunakan oleh seluruh pegawai Disdukcapil, WC tersebut juga dipeprgunakan oleh seluruh masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan.

“Itu sudah lama airnya tidak jalan. Padahal itu bukan hanya dipakai oleh pegawai kami di Discapil, tapi masyarakat juga menggunakan WC tersebut,” ungkap Jhon ketika ditemui di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Senin (23/10). 

Ia mengakui bukan hanya macet, pasokan air tersebut terkadang tidak ada selama sehari penuh sehingga aroma tidak sedap menyebar hingga ke dalam ruang pelayanan masyarakat.

Selain hal itu ia mengakui, telah mengajukan telaan kepada Bupati agar bisa mengizinkan penggunaan ruangan pada lantai dua kantor tersebut sehingga bisa dipakai sebagai kantor. Dengan demikian pada lantai satu akan dipakai khusus untuk melayanai administrasi kependudukan yang masyarakat. Sebab ruang yang ada saat ini sangat tidak mendukung keberlangsungan pekerjaan para pegawai untuk melayani masyarakat.

Selanjutnya ia mengakui, jika aktivitas Kantor Discapil dilakukan di lantai dua, maka kamar WC di lantai satu akan dibedah menjadi WC umum.

“Kami butuh ruang untuk pengarsipan kantor, pelayanan orang asing dan administrasi lainnya. Sekarang itu kita mau bikin apa-apa itu semuanya berdesakan dengan antiran masyarakat. Belum lagi kalau dokumen tercecer itu jadi tambah ribet lagi karena memang ruangannya sempit,” ungkapnya.
Keluhan macet pasokan air juga disampaikan oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU), Bonifantura Saleo. Boni membenarkan pernyataan Kadispencapil. Menurut Boni keadaan kamar WC jorok juga terjadi di WC umum PU.

“Air memang sudah lama macet bahkan tidak mengalir sama sekali. Bagaimana tidak bau busuk kalau tidak ada air untuk bersihkan setelah buang air besar atau kecil,” ujarnya. (Acik)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment