Disnaker Bekali Puluhan Pencaker Dengan Pelatihan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Perumahan Rakyat Kabupaten Mimika melalui bidang penempatan, memberikan bekal pelatihan kepada 40 orang Pencari Kerja (Pencaker) yang ada di Timika. Pelatihan ini difokuskan pada dua bidang keahlian khusus yaitu, ketrampilan pengelasan dan komputer.

“40 peserta pelatihan ini sama sekali belum memiliki pekerjaan. Jadi untuk yang bidang komputer, mereka harus menguasai sistem kerja komputerisasi dimulai dari mengetik, buat tabel, operasi internet dan yang lainnya. Begitu juga untuk yang bidang bengkel, mereka harus bisa las besi, perbaiki mesin, baik kendaraan kecil sampai alat berat,”ungkap Pejabat pelaksana teknis kerja (PPTK) bidang penempatan, Disnaker Mimika, Yulius Hagabal, SH ketika diwawancarai usai pembukaan kegiatan pelatihan di Hotel Kaliki, Kamis (5/10)

Menurutnya,  seiring perkembangan dunia teknologi dan berkembangnya dunia usaha maka sangat dibutuhkan tenaga dengan keahlian khusus seperti di bidang perkantoran dan pengoperatoran alat berat serta perbengkelan.

Di mimika menurut Yulius sangat, banyak pencari kerja yang susah untuk diterima dalam perusahaan tertentu. Hal ini menurut dia, dikarenakan tidak adanya keahlian khusus dalam diri pencaker tersebut.
Dengan demikian, Disnaker akan berusaha untuk memberikan pelatihan secara bertahap kepada seluruh pencaker yang tidak memiliki keahlian khusus.

“Memang untuk tahun ini kami tidak bisa mengakomodir seluruh pencaker, karena anggaran kami juga sangat terbatas. Nanti tahun selanjutnya juga akan ada pencaker lain yang akan kami akomidir dalam pelatihan. Yang jelas secara bertahap,” katanya.

Dalam pelatihan tersebut, Dia mengakui bahwa semua peserta didorong untuk betul-betul memahami apa yang mereka butuhkan sebelum kelak terjun ke dunia kerja. Setiap peserta akan diberikan sertifikat pelatihan sebagai penguatan persyaratan untuk melamar ke setiap perusahaan.

“Peserta ini ada yang lulusan SMA, SMK, DIII dan Sarjana . Nanti kalau sudah selesai pelatihan akan langsung kita kasih sertifikat pelatihan, supaya mempermudah mereka diterima di perusahaan yang akan diajukan lamaran,”  katanya.

Selain diberikan sertifikat, menurut dia, jika ada perusahaan yang merekomendasikan penerimaan melalui Disnaker, maka para peserta pelatihan tersebut akan diakomodir untuk mengajukan lamaran dan diupayakan untuk bisa diterima.

“Pelatihan yang nanti Disnaker kembangkan bukan hanya bidang bengkel dan komputer saja. Tapi nanti juga akan ada bidang jahit-menjahit, pengolahan makanan atau bisnis. Pelatihan ini juga bukan hanya untuk mempersiapkan menuju dunia kerja, tapi bagai mana caranya supaya orang bisa berusha sendiri,”tambahnya.

Peserta pelatihan, Fransiskus Wesareak mengakui, sangat senang bisa diberikan pelatihan oleh Disnaker. Fransiskus yang merupakan alumni dari SMK Petra angakatan 2017 tersebut mengatakan, sengaja mengambil bidang komputer karena menurut dia, ilmu komputer merupakan ilmu yang tidak mati, namun selalu berubah-ubah.

“Contohnya saat ini kita belajar microsoft word 2017, tapi besok-besok pasti akan rubah lagi dengan versi baru. Begitu juga dengan program lain seperti excel. Apa lagi sekarang itu yang penting kita harus ikuti perkembngan teknologi internet. Saya sangat bersyukur bisa ikut pelatihan ini,” kata Fransiskus.

Selain fransiskus, hal yang sama juga diakui oleh Elisabeth Sorondanya. Elisabeth yang merupakan perantau asal kabupaten Sorong ini mengatakan, pelatihan yang diberikan oleh Dsnakertrans sangat membantu dirinya dalam mencari pekerjaan. Sebab usai pelatihan ia akan langsung mendapatkan sertifikat.

“Saya lulusan SMK tahun 2003 lalu di sorong. Memang pernah bekerja tapi hanya pekerjaan-pekerjaan yang tidak bisa mendukung masa depan saya dan keluarga. Saya selamai ini melamar di beberapa perusahaan di Timika, tapi syaratnya harus ada sertifikat pelatihan atau kurusu komputer. Saya berterimakasih sekali dengan adanya pelatihan ini,” ungkap Elisabeth. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment