Dispendasbud Gelar Kompetisi Siswa Berprestasi Bidang Olahraga

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, sejak Senin (2/10) hingga Sabtu (7/10) mendatang, mengadakan kompetisi siswa berprestasi di bidang olahraga. Kompetensi ini diikuti seluruh siswa tingkat SD dan SMP dan dilaksanakan di lapangan olahraga SMPN 2 Mimika.

Fransic Bogai selaku ketua panitia kegiatan ini mengatakan, kompetisi ini bertujuan mencari siswa berprestasi yang dapat mewakili Kabupaten Mimika pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020 di Papua.

“Setiap event yang namanya olahraga, pasti mempunyai bibit yang berprestasi. Dan melalui kompetisi ini, siapa tahu kami mendapatkan bibit itu yang akan kami serahkan di KONI untuk mengantisipasi PON 2020,” kata Fransic.

Jumlah peserta dalam kompetisi ini terdiri dari 36 SD dan 27 SMP se-Kabupaten Mimika. Jenis olahraga yang dilombakan antara lain futsal untuk SD, bola voli dan basket untuk SMP.

“SD hanya ada lomba futsal, sedangkan untuk SMP lebih banyak, yaitu futsal, voli putra-putri dan basket putra-putri,” katanya.

Dalam kompetisi ini, Dispendasbud juga menyediakan hadiah untuk para juara. Hadiah itu berupa uang pembinaan sebesar Rp5 juta, tropi serta hadiah lainnya.

“Juara terdiri atas juara 1 hingga harapan. Masing-masing akan mendapat hadiah uang tunai dan tropi oleh Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan,” ujarnya

Digelarnya kompetisi ini, bersamaan dengan proses belajar mengajar di sekolah, sehingga menganggu jalannya proses belajar mengajar. Kendati demikian, pihak sekolah tetap mendukung dengan menjadi fasilitator kegiatan ini.

“KBM berlangsung pukul 07.00 WIT, tentu terganggu. Tapi kami sudah ditunjuk pemerintah untuk memfasilitasi setiap kompetisi. Kami punya dukungan yang sangat baik dari dinas. Sebagai pelaksana, kami bisa menjalankan amanah sesuai harapan dinas dan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kevin Hendriko yang merupakan peserta dalam kompetisi ini mengatakan, adanya kegiatan ini, bagi dirinya sangat bermanfaat.

“Karena bisa mengangkat banyak talenta dari anak-anak Timika, mulai dari basket, voli dan futsal. Sehingga wawasan kita terhadap olahraga bisa lebih luas. Lewat bermain di lapangan, ini juga membentuk kepercayaan diri kita semua,” katanya.

Siswa asal SMP YPPK Santo Bernadus itu berharap, sekolahnya dapat mengikuti kompetisi hingga babak akhir, serta dapat menjadi pemain-pemain professional yang membanggakan.


“Semoga kita bisa masuk final dan menjadi pemain basket, futsal, voli yang professional,” harapnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment