Distanbun Kelola Dana Otsus Rp2 M untuk Beasiswa

Bagikan Bagikan
Yohana Paliling
SAPA (TIMIKA) -  Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, Yohana Paliling, mengatakan pihaknya mendapat anggaran Rp2 miliar dari dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk program beasiswa bagi 21 siswa menempuh jenjang pendidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Jadi, anggaran mereka itu sekitar Rp2 Miliar. Memang agak besar, karena tahun ini 14 siswa akan di wisuda pada bulan November mendatang. Karena orang tua atau wali juga akan hadir di wisuda mereka, dan itu kita masukkan dalam anggaran transportasi mereka ke sana,” kata Yohana saat ditemui di Kantor Bapedda, Senin (23/10).

Selain 14 siswa yang akan di wisuda, saat ini ada sekitar lima siswa yang belum menyelesaikan masa studi. Oleh karena itu melalui dana Otsus ini diharapkan dapat mengakomodir biaya perkuliahan hingga setengah semester di tahun depan.

“Yang lima orang ini mereka terlambat, karena banyak faktor. Misalnya ada yang sakit, makanya kelulusan sedikit tertunda,” ujarnya.

Dijelaskan, program beasiswa Distanbun merupakan program untuk mendukung kemajuan di bidang industri pertanian. Diharapkan siswa yang telah usai mengemban pendidikan tersebut, nantinya saat kembali ke Mimika dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh.

“Nanti mereka akan kembali untuk bekerja ke Mimika. Memang kita tidak paksanakan kalau mereka harus kembali ke sini atau tidak, karena itu semua tergantung mereka juga,” jelasnya.

Distanbun juga berencana memberikan beasiswa khusus untuk para putera-puteri Mimika yang berasal dari suku Amungme dan Komoro (Amor) pada tahun depan.


“Kalau sekarang memang siswa ini masih campur asalnya. Tapi tahun depan kita rencana buat beasiswa untuk anak-anak Amungme Kamoro,” ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment