DPRD Minta Distanbun Suplai Bibit Unggul ke Petani Lokal

Bagikan Bagikan
Viktor Kabei
SAPA  (TIMIKA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, yang tergabung dalam komisi B, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Mimika, di Jalan Poros Mapuru Jaya, Senin (23/10). Dalam kunjungan ini, DPRD meminta dinas terkait mensuplai bibit unggul untuk petani lokal di Timika.

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Mimika, Victor Kabey, saat ditemui wartawan seusai kunjungan kerja mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan kerja ke Distanbun, untuk menindak lanjuti aspirasi yang diterima oleh pihaknya terkait dengan perlu ditetapkanya peraturan daerah terkait dengan petani lokal.

“Kita minta Kepala Dinas Pertanian dan staffnya menyiapkan satu produk peraturan daerah tentang petani lokal, sehingga merek dapat diakomodir,” katanya.

Selain membicarakan pembentukan peraturan daerah mengenai petani lokal, pihaknya juga menanyakan terkait dengan dana bagi hasil dari PT PAL seberapa banyak yang didapatkan daerah selama ini.  Menurut Victor sektor perkebunan ini merupakan salah satu sektor unggulan bagi Kabupaten Mimika. Hal ini juga berkaitan dengan terjadinya defisit anggaran pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2017.

Selain dua hal di atas, Komisi B juga meminta kepada Distanbun, untuk mengadakan lebih banyak bibit-bibit tanaman tradisional seperti ubi dan petatas. Bibit ini nantinya  akan diberikan kepada mama-mama yang ada dipasar, sehingga bisa di tanam diperkebunan mereka dan hasilnya  jual di pasar.

“Kami meminta kepada Distanbun juga untuk menambah suplai bibit tanaman tradisional, untuk diberikan kepada mama Papua, agar hasil perkebunan mereka dapat meningkat," ujarnya.

Selama ini, Viktor mengatakan, petani lokal  selama ini mendapatkan bibit unggul dalam jumlah yang sedikit dari dinas terkait. Untuk dapat mengembangkan perkebunan petani lokal, Distanbun diharapkan dapat memberikan bibit unggul dalam jumlah yang banyak kepada petani lokal.

“Pemberian bibit tahun ini ada tapi dalam  jumlah kecil, DPRD akan dorong agar dinas terkait dapat memberikan bibit unggul lebih banyak kepada petani lokal,” katanya.

Ia berharap dengan adanya penambahan bibit tanaman tradisional ini, masyarakat lokal dapat meningkatkan perekonomian pribadi dan juga ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi. Dengan penambahan bibit ini,  petani dapat melestarikan tanaman tradisional. Sehingga program Pemerintah Daerah (Pemda) berlangsung dari rakyat, untuk rakyat kembali ke rakyat. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment