Imigrasi MoU dengan Pos Indonesia

Bagikan Bagikan
Jesaja Samuel Enock
SAPA (TIMIKA) – Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura – Timika membuat terobosan baru, yakni pengiriman pasport melalui kantor Pos Indonesia. Hal tersebut disepakati bersama melalui penandatangan nota kesepakatan bersama atau MoU di Aula Kantor Imigirasi Kelas II Tembagapura, Jalan C. Heatubun, Senin (30/10).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Jesaja Samuel Enock mengatakan, terobosan atau inovasi baru dalam memberikan pelayanan ke masyarakat terus dilakukan, salah satunya dengan mengandeng PT Pos Indonesia yang mulai dilaksanakan sejak ditandatanganinya MoU.

“Kita sebut saja ‘Delivery passport service’, jadi pasport yang sudah jadi oleh Imigrasi akan dikirim langsung lewat pos ke alamat pemohon,” katanya Enock dalam acara penandatanganan MoU ini.

Dijelaskan, masyarakat yang mengurus dan membuat paspor di kantor Imigrasi kini dapat difasilitasi melalui pos, dengan cara mengirim paspor yang telah selesai dibuat Imigrasi tanpa harus kembali ke kantor Imigrasi untuk mengambil paspor tersebut.

“Kemudian pembayaran-pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan paspor juga bisa di bayar di kantor pos,” jelasnya.

Menurutnya, bila pemohon melakukan pilihan layanan pembayaran dan layanan antar dokumen, pemohon cukup datang sekali saja. Waktu selesai pembuatan paspor selama tiga hari, kemudian paspor yang telah selesai dibuat di kantor Imigrasi akan dikirim atau diantar pihak pos ke alamat pemohon sehari setelah paspor selesai dibuat.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Indonesia mengatakan, hal ini dilakukan sebagai wujud sinergitas antara PT Pos Indonesia dengan kantor Imigrasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


“Penandatangan nota kesepakatan ini sebagai salah satu wujud pelayanan PT Pos Indonesia dan terus melakukan inovasi sesuai dengan perkembangan saat ini. Sekarang kami tidak hanya terbatas pada pengiriman dan paket, tapi juga logistik pos,” katanya dalam sambutan sebelum penandatangan MoU. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment