Kantor Imigrasi Terbitkan 1300 Paspor.

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) – Sampai pertengahan Oktober 2017, Kantor Imigrasi kelas 1 Tembagapura - Timika Papua telah menerbitkan sekitar 1300 lebih paspor. Kantor Imigrasi juga mengeluarkan 935 izin tinggal orang asing dan sebanyak 194 izin kunjungan orang asing yang datang di Kabupaten Mimika, baik itu untuk bekerja maupun kunjungan biasa.

"Tahun ini terhitung hingga bulan Oktober kami telah mengeluarkan paspor sebanyak 1300 paspor. Sedangkan untuk pelayanan orang asingnya seperti ijin tinggal sudah mengeluarkan 935 dan ijin kunjungan sebanyak 194 orang asing," kata Kasi Lalu Lintas dan Status Keimigrasian Kantor Imigrasi kelas 1 Tembagapura, Masagus Muhammad Ivans, saat ditemui Salam Papua di Kantor Imigrasi, Jalan C. Heatubun, Jumat (20/10).

Ivans menjelaskan, paspor yang dikeluarkan untuk masyarakat Mimika umumnya untuk kepentingan liburan dan kunjungan kerja dan ibadah.

“Sedangkan untuk umroh sudah jelas negara yang dituju. Sedangkan yang lainnya tujuannya kita tidak mengetahui mereka mau kemana," jelasnya.

Sesuai dengan data yang dimiliki Kantor Imigrasi, kata Ivans, untuk izin tinggal dan kunjungan orang asing didominasi pekerja PT Freeport Indonesia. Mereka yang berkunjung  harus melakukan perpanjangan izin tinggal setiap enam bulan dan untuk kunjungan kebanyakan  didominasi oleh nelayan asing yang kini tidak diperbolehkan lagi.

"Untuk kunjungan minimal satu bulan harus diperpanjang. Hal ini terjadi pada kasus nelayan Cina yang datang ke Timika. Namun saat ini kasusnya sudah selesai,” katanya.

Ivans  menjelaskan, pekerja yang mengajukan izin tinggal ke Kantor Imigrasi paling banyak  berasal dari Amerika dan mereka tinggal di sekitar area kerja PT Freeport Indonesia. Terkait dengan perpanjangan izin tinggal, pekerja asing  ditanggung oleh perusahaan tempat dia bekerja dalam melakukan perpanjangan izin. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment