Kemenag Mimika Memperkuat Program Pendidikan Keagamaan

Bagikan Bagikan




SAPA(TIMIKA) - Kementerian Agama terus memberikan program pendidikan dan keagamaan pada sekolah-sekolah yang berada di bawah binaannya. Seperti yang diamanatkan dalam peraturan pemerintah No 55 Tahun 2017 tentang pendidikan agama.

Secara nasional, sekolah yang berkecimpung di bawah kementerian agama adalah Madrasah. Namun ada juga madrasah yang izinnya dikeluarkan oleh dinas pendidikan. Untuk di Kabupaten Mimika, Madrasah secara operasional oleh kementerian agama belum ada. Tetapi bantuan selalu diberikan oleh kementerian agama menyangkut kualifikasi dan Ruang Kelas Baru (RKB).

"Walaupun izin operasinal bukan dari kita, tapi karena bersifat pendidikan keagamaan maka kita menopang mereka melalui bantuan," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Utler Adrianus kepada Salam Papua saat ditemui di Lapangan Timika Indah, Senin (9/10).

Adrianus mengatakan selain Madrasah, sekolah yang berada di bawah kementerian Agama adalah Sekolah Menengah Teologi Kristen (SMTK) dan Sekolah Menengah Agama Katolik (SMAK). Alasan beberapa sekolah khusus berada di bawah kementerian agama adalah untuk lebih memfokuskan pada muatan materi yang bersifat keagamaan. Tujuannya supaya ke depan setiap siswa menjadi insan yang taat beragama, berakhlak, bermoral dan beretika yang baik.

Selain pendidikan, Kementerian Agama Kabupaten Mimika juga mengurus perihal kenaikan haji yang dilakukan setiap tahun serta program-program yang berkaitan dengan peningkatan spiritualitas masyarakat.


"Dan tahun ini sebanyak 191 orang yang diberangkatkan sudah kembali," katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment