Kompetensi Siswa Prestasi Bidang Olahraga Resmi Ditutup

Bagikan Bagikan


Kegiatan Gunakan Anggaran Rp688 Juta

SAPA (TIMIKA) – Kegiatan kompetensi siswa berprestasi bidang olahraga yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kabupaten Mimika, Sabtu (7/10), resmi ditutup.

Dalam sambutannya, Kepala Dispendasbud, Jenny O. Usmani mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini adalah pertama kali diadakan untuk mencari bibit unggul yang berprestasi. Kegiatan ini digelar sejak sejak Senin 2 Oktober lalu.

“Pertama kali diadakan di Timika dengan tujuan semata-mata mengedukasi pelajar, sekaligus bibit untuk disumbangkan ke KONI sebagai atlet berprestasi,” kata Jenni.

Nantinya para juara dalam kompetensi ini, kata Jenni, akan diikutsertakan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 mendatang di Papua.

“Bagi yang juara agar mempersiapkan diri untuk mengikuti PON nantinya. Jangan berhenti sampai disini,” katanya sembari menutup kegiatan itu.

Dalam kompentesi olahraga cabang voli putra, dimenangkan oleh SMPN 2 dan disusul SMP Abdiel Tinal, SMP YPPK Santo Bernadus, SMPN 10, SMPN 8 dan SMP Yapis di posisi keenam. Sementara di cabang voli putrid dimenangkan oleh SMPN 2 disusul SMPN Abdiel Tinal, SMP Sentra Pendidikan, SMPN 8, SMP Yapis dan SMPN 7.

Di cabang lain yakni basket putra, dimenangkan oleh SMP YPPK Kuala Kencana, SMPN 2, SMP YPPK Santo Bernadus, SMP Sentra Pendidikan, SMP Yapis dan SMP YPPK Santo Bernadus. Sementara di cabang basket putri dimenangkan oleh SMP YPPK Kuala Kencana, SMP Advent, SMP Santa Maria, SMPN 2, SMPN 5 dan di susul SMP YPPK Santo Bernadus.

Berbeda dengan lomba bola voli dan bola basket, cabang lomba futsal digelar hanya untuk putra. Adapun sekolah yang menjuarainya di tingkat SD diantaranya, SD Amamapare, SD Kuala kencana, SD Inpres Sempan Barat, SD Inpres Kwamki II, SDN 2 dan di susul SDN 3.Untuk futsal tingkat SMP dijuarai oleh SMPN 10, SMP YPMNU, SMP Santa Maria, SMP Filadelfia, SMP Permata Putra dan di susul SMP Advent.

Mengenai program Dispendasbud ini, yang para juara akan diserahkan ke KONI untuk diikut sertakan dalam ajang PON XX membawa nama baik Mimika, mendapat dukungan dari semua pihak.
“Saya menanggapinya dengan positif tentang rencana dinas yang akan membawa mereka mengikuti PON. Asal, dari kedua dinas tersebut menanggapi apa yang terjadi  hari ini. Biar kedepannya, para siswa yang juara bisa mengekspos dirinya agar lebih berprestasi,” ujar Firdaus, pelatih sekaligus guru Pendidikan Jasmani (Penjas) SMP YPPK Kuala Kencana.

Sementara itu terkait kegiatan ini, Kepala Dispendasbud juga mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk atau upaya untuk mengevaluasi pendidikan, khususnya di bidang olahraga.

“Kita mau melihat sejauh mana kerja atau hasil proses belajar mengajar oleh guru penjas di sekolah. Jadi kami melaksanakan kompetisi ini,” kata Jenni saat di wawancara terpisah oleh Salam Papua usai kegiatan.

Selanjutnya penggunaan anggaran senilai ratusan juta rupiah selama pelaksanaan kegiatan, menurutnya masih dalam kondisi yang wajar untuk mengembangkan mutu pendidikan.

“Dana yang kita gunakan sebesar Rp688 juta dari anggaran APBD. Kami melaksanakan ini untuk pendidikan di Mimika. Pemerintah sudah berhasil lakukan itu. Sekarang layanan pemerintah harus difokuskan pada sesuatu yang direncanakan dengan baik. Salah satunya, ya kompetensi ini,” jelasnya.
“Ini kegiatan murni dari pemerintah. Jadi, tidak ada sistem pungut memungut pada peserta kompetensi,” tambahnya.


Adapun hadiah yang diperoleh para pemenang yakni uang pembinaan, piala atau tropi, hadiah khusus dengan masing-masing sebesar Rp6 juta untuk juara 1, Rp5 juta untuk juara II dan Rp4 juta untuk juara III. Sementara untuk juara harapan I mendapatkan Rp3,5 juta, juara harapan II Rp3,3 juta dan juara harapan III Rp3 juta. Dengan total cabang olahraga yang diperlombakan antara lain futsal tingkat SD dan SMP, basket putra-putri dan voli putra-putri. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment