KPU Terima Dokumen DPC Partai Hanura

Bagikan Bagikan
Pendaftaran Partai Hanura Ke KPU Kabupaten Mimika
SAPA (TIMIKA)-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Mimika menyambangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika di jalan Yos Soedarso, Senin (16/11) dalam rangka penyerahan dokumen berupa Sistem Informasi partai Politik (Sipol).


Saat pendaftaran di kantor KPU, ketua DPC Hanura Saleh Alhamid menyerahkan dokumen kepengurusan DPC Hanura kepada Komisioner KPU Alfrets Petupetu dan Panwaslu Kabupaten Mimika telah di periksa dalam Sipol KPU.

Ketua  DPC Partai Hanura Kabupaten Mimika Saleh Alhamid mengatakan, DPC Hanura Kabupaten Mimika dipastikan telah lolos dalam pendaftaran. Sebab terkait dengan kelolosan DPP Hanura di pusat sangat berpengaruh pada pengumpulan Kartu Tanda Anggota (KTA) dari pengurus ditingkat daerah. Baik di Provinsi maupun di Kabupaten.

“Hanura sudah lolos di DPP itu berkaitan dengan kelolosan Hanura di pusat itu karena semua DPD dan DPC mengumpulkan KTA daerah-daerah,” katanya.

Menurut Saleh, Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Mimika juga telah diinput di Pusat, Provinsi dan Kabupaten, sehingga KPU tinggal membuka dan memastikan kepengurusan yang telah diinput.

“Laporan sipol itu kan dari daerah-daerah sehingga KPU tinggal membuka pastinya kalau DPD Hanura provinsi yang terdaftar berarti sama juga seperti yang ada di DPC,” terangnya.

Dengan demikian. Saleh menegaskan, status kepengurusan yang sah untuk DPC Hanura dibawa pimpinan Saleh Alhamid. Apabila ada orang yang mengatasnamakan ketua PDC Hanura, patut dipertanyakan.

“Kepada siapapun yang berbicara mengatasnamakan ketua DPD Hanura patut dipertanyakan keabsahannya karena hanya kami yang terdaftar,” tegasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Komisioner KPU Divisi Hukum Alfrets Petupetu, SH mengatakan, dalam proses pendaftaran Parpol ke KPUD Mimika harus melengkapi beberapa persyaratan yang mana ini berlaku secara Nasional. Diantaranya dafrat susunan pengurus dan alamat kantor partai politik Kabupaten, Kecematan yang tetap, daftar nama dan alamat anggota Partai Politik dalam wilayah Kabupaten dengan menggunakan formolir lampiran 2 F2.

Parpol yang disebut dalam bentuk, Softcopy melalui sistem partai Politik (Sipol), Hardcopy, Salinan bukti kartu tanda anggota partai politik dan kartu tanda penduduk eloktronik atau surat keterangan (yang dikeluarkan Disdukcapil), paling sedikit 1.000 (seribu) atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk pada setiap Kabupaten dalam bentuk hardcopy yang disusun secara berurutan sesuai dengan daftar nama anggota Partai Politik untuk setiap Desa/Kelurahan atau sebutan lain dalam satu kecamatan.

Dokumen persyaratan sebagaimana dimaksud pada angka 1 dan 2 diatas disebut 2 (dua) rangkap (Asli dan foto Copy) dan Rekening Partai Politik.


Adapun ketentuan penyerahan diantaranya, Setiap partai Politik menunjuk 1 (satu) orang petugas penghubung (yang sertai surat mandat dari Partai Politik). Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dapat dikonsultasikan langsung ke Kantor Komisi Pemelihan Umum Kabupaten Mimika.(Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment