KPUD Akan Melakuan Perekrutan PPD & PPS

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – KPUD Mimika dalam mempersiapkan agenda Pilgub dan Pilkada 2018 mendatang, melakukan audiens dengan Pemkab Mimika, Selasa (10/10), di Kantor Pusat Pemrintahan. Audiens yang dilakukan, salah satunya untuk melaksanakan pembentukan calon anggota Panitia Pemilihan Distrik (PPD) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner KPUD  Mimika Divisi Teknis, Derek Mote, mengatakan pertemuan dengan Pemkab Mimika yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Kepala Bagian Pemerintahan Kampung dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), untuk berkoordinasi terkait perekrutan calon anggota PPD dan PPS.  

Sesuai aturan Undang-Undang (UU), pembentukan PPD dan PPS hingga pembentukan KPPS merupakan tugas KPU Kabupaten/Kota. Tetapi terkait hal ini belum diketahui berapa jumlah dan syarat usia calon anggota PPD dan PPS. Sebab ada dua UU yang mengatur perihal ini, yakni UU Nomor 15 Tahun 2011 (UU lama) dan UU Nomor 7 Tahun 2017 (UU baru).

“Perekrutan yang akan dilakukan tidak seperti biasanya. Perekrutan saat ini dilakukan dengan  tes tertulis, wawancara dan pengecekan administrasi. Hal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang perekrutan PPD dan PPS,” kata Derek.

Pada tanggal 11 Oktober sampai 12 November mendatang, akan dibuka pendaftaran dan dilakukan test. Pelaksanaanya akan dilakukan selama sebulan, dan untuk melaksanakan kegiatan ini maka perlu dilakukan koordinasi dengan Pemkab Mimika untuk melakukan permintaan ini.

“Perekrutan sekretaris PPD dan PPD itu tidak seperti dulu, orang yang datang langsung diterima. Namun sekarang harus sesuai dengan Undang-Undang. Peserta yang terpilih nantinya akan mendapatkan SK dari Bupati Kabupaten Mimika,” terangnya.

Sementara itu terkait jumlah yang akan direkrut, kata Derek, untuk PPD akan direkrut sebanyak 5 orang, sedangkan PPS sebanyak 3 orang. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment