KPUD Belum Terima Dana Pilkada Tahap Pertama

Bagikan Bagikan
Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal.
SAPA (TIMIKA)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika hingga kini belum menerima pecairan dana tahap pertama dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebesar Rp9 milyar. 

“Untuk dukungan anggaran dari provinsi ada, tapi tidak terlalu besar. Kita masih menunggu proses pencairan untuk tahap pertama sebesar 9 milyar,” ujar Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal, Senin (16/10), di Kantor KPUD Mimika, JalanYos Sudarso.

Ia mengakui, belum dicairkan dana tersebut dikarenakan pemerintah masih membutuhkan waktu terkait prosedur yang harus dilalui. Meski begitu, dana tersebut diketahui sudah berada di Bagian Keuangan Setda Mimika.

“Dana hibah dari pemerintah daerah itu sudah berada di bagian keuangan Setda Mimika. Kemungkinan pencairan dapat dilaksanakan pada minggu-minggu ini,” katanya.

Saat ini, tahapan yang dilaksanakan KPUD masih berupa pengumuman, sehingga menurutnya belum menggunakan dana yang begitu mendesak. Selanjutnya tahapan berupa pendaftaran peserta pemilu, dana yang digunakan KPUD berasal dari APBN.

Semantara itu, Kepala Bagian Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Setda Mimika, Marten P. Malisa menjelaskan, pencairan dapat di lakukan apabila ada permintaan dari KPUD.

“Sampai saat ini belum ada permintaan dari KPUD Mimika. Dan untuk pencairan dana tersebut harus ada prosedur yang dilakukan, yakni membuka rekening di KPU Provinsi. Sehingga dana dapat di transfer ke rekening tersebut,” jelasnya, saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Selasa (17/10).

Sesuai dengan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), KPUD Mimika mendapatkan hibah untuk pelaksanaan Pilkada serentak di Mimika sebesar Rp63 milyar. Direncanakan pencairan tahap pertama sebesar Rp9 milyar. (Tomy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment