KPUD Gelar Sosialisasi Pendaftaran Parpol

Bagikan Bagikan


SAPA (TIMIKA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika mengelar  Sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek)  pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual  dan penetapan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019.

“Bimtek ini merupaka salah satu syarat partai politik untuk menjadi peserta pemilu tahun 2019,” kata Ketua KPUD Kabupaten Mimika, Theodora Ocepina Magal, SKM, Sabtu (7/10).

Ocepina menjelaskan, persyaratan lainnya  adalah adanya Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai  minimal 1000 atau 1 per 1000 dari jumlah jiwa yang ada di Kabupaten Mimika.

“Jumlah jiwa di Kabupaten Mimika sesuai dari Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang diperoleh KPUD Kabupten Mimika dari Kementerian Dalam Negeri  adalah 306. 517 jiwa. Karena itu jumlah yang harus disediakan oleh partai politik adalah 306 ribu jiwa,” katanya.

Ocepina menegaskan, meskipun angka itu tercapai, KPUD tetap menyarankan agar jumlahnya  lebih dari itu karena dikuatirkan adanya KTP ganda dan adanya indentitas yang tidak berlaku lagi. Tidak hanya itu, parpol juga harus bisa mengikuti mekanisme yang ada agar bisa mendaftar calon peserta pemilu serentak tahun 2019 mendatang.

Mekanisme tersebut salah satunya Parpol wajib untuk mengisi data partai pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) KPU. Jika tidak maka parpol tersebut dipastikan absen pemilu 2019 mendatang.
“Dengan mengisi data  di Sipol maka tidak ada lagi kondisi salah paham nantinya. Kantor dari partai politik itu harus dibuktikan dengan surat keterangan dari camat, lurah dan kepala kampung yang menyatakan domisili kantor partai,” jelasnya.

Ocepina menyarankan partai politik agar penghubung partai harus dibuatkan Surat Keterangan (SK)  dari partai sehingga KPU tidak perlu lagi berhubungan dengan pengurus partai, tapi cukup dengan penghubung partai saja.

Ocepina menambahkan, secara nasional terdapat 73 partai politik yang terdaftar di Kementrian Hukum dan HAM. Sedangkan yang aktif hanya berjumlah 35 partai politik. Di Mimika,  terdapat 12 partai politik. Jumlah ini belum bertambah sejak tahun 2014.


“Partai pendatang baru belum ada yang mendaftar ke KPUD. Kemungkinan pendaftaran parpol secara nasional yang buka pada 3 Oktober sudah ada yang mendaftar. Sampai saat ini sudah ada beberapa parpol yang sudah datang ke KPUD untuk menanyakan persyaratan pendaftaran. Mereka hanya menanyakan saja tapi belum melakukan pendaftaran,” jelasnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment