Membangun Daerah Perlu Melibatkan Kontraktor Lokal

Bagikan Bagikan

.Elminus B. Mom
SAPA (TIMIKA) – Ketua DPRD Mimika, Elminus B. Mom, SE mengatakan, jabatan anggota dewan saat ini tersisa dua tahun lagi. Sisa waktu tersebut, dewan akan fokus memprioritaskan pembangunan masyarakat, pembangunan fisik dan infrastruktur pada dua tahun tersisa, dan pembangunan itu perlu melibatkan kontraktor lokal yang ada.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika pun harus bisa melibatkan kontraktor lokal di dalam setiap pembangunan, baik pembangunan dengan proyek dalam skala besar maupun kecil.

Yang terjadi selama ini, kata Elminus, pemerintah terkesan tidak melibatkan atau memberdayakan kontraktor lokal, melainkan lebih kepada kontraktor non lokal atau mereka yang berasal dari luar Mimika.

“DPRD dan pemerintah harus bekerjasama untuk melihat ini semua. Kontraktor lokal harus di berdayakan. Selama ini kontraktor yang berasal dari luar datang ke Timika hanya mengambil proyek dan pergi keluar Timika untuk menghabiskan uangnya,” kata Elminus.

Kesempatan bagi kontraktor lokal dalam menangani proyek bernilai yang besar, akan memberikan pengalaman. Jika pekerjaan dikerjakan baik dan mencapai hasil yang maksimal, maka akan menjadi poin positif terhadap kemajuan masyarakat. Sehingga untuk mencapai itu, jangan hanya kontrakor non lokal yang diberikan pekerjaan, sementara kontraktor lokal hanya sebagai penonton di daerah mereka.

“Kontraktor lokal juga banyak yang sanggup mengerjakan pekerjaan yang besar. Karena mereka juga ingin membangun daerahnya sendiri,” ujarnya.

Elminus berjanji akan mendorong Pemkab Mimika agar menggunakan jasa kontraktor lokal pada setiap pegerjaan pembangunan di Mimika. Apalagi APBD tahun selanjutnya akan lebih memprioritaskan pembangunan fisik dan infrastruktur di Mimika.

“Kami siap mendorong setiap program pemerintah, apalagi program yang memperhatikan kontraktor lokal. Tidak hanya itu, bantuan pendidikan juga sangat penting pemerintah perhatikan, karena itu untuk kemajuan Kabupaten Mimika,” katanya.

Elminus menilai, selama ini tidak ada keberpihakan kepada kontraktor lokal yang notabene kebanyakan putra putri Papua dalam pembagian proyek. Apalagi proyek-proyek yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) maupun proyek-proyek APBD yang ada di SKPD-SKPD.


“Kami mengharapkan perhatian serius dari Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk memberdayakan kontraktor lokal. Pembangunan tahun depan menjadi momen untuk melihat kontraktor lokal terlibat dalam pembangunan,” terangnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment