Mimika Urutan 4 Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Timur

Bagikan Bagikan
Bupati Eltinus ketika menghadiri Raker di Istana Negara jakarta
SAPA (TIMIKA) – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur mengalami peningkatan yang signifikan. Mimika merupakan kabupaten yang berada pada urutan ke 4 dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi tersebut atau mengalami kenaikan 12 persen.

Hal ini diakui Jokowi dalam sambutannya ketika membuka Rapat Kerja (Raker) bersama Gubernur, Bupati dan Wali Kota se-Indonesia di Istana Negara Jakarta, Selasa (24/10).

“Pertumbuhan ekonomi di Indonesia Timur mengalami peningkatan yang signifikan. Dari kabupaten/kota se- Indonesia, Kabupaten Mimika Provinsi Papua mendapat urutan 4 (empat) peningkatan pertumbuhan ekonomi atau 12 persen. Karena itu, untuk kabupaten/ kota yang mengalami pertumbuhan ekonomi agar ditingkatkan lagi, terutama penyediaan infrastruktur. Untuk kabupaten/kota yang belum mengalami pertumbuhan ekonomi agar lebih serius untuk memajukan daerahnya,kata Presiden Jokowi.

Pada Raker yang juga dihadiri Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE, MH tersebut, Jokowi  juga mengingatkan seluruh gubernur, bupati dan wali kota yang hadir agar penyaluran dana desa bisa tepat sasaran dan tepat waktu. Presiden juga meminta agar penyerapan anggaran di provinsi dan kabupaten/kota ditingkatkan.

“Bagi kepala daerah tidak perlu ragu dan takut dalam melaksanakan program pembangunan. Tingkatkan pembangunan infrastuktur nyata yang dapat dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Bagi gubernur, bupati dan wali kota untuk bersinergi dalam meningkatkan kerja nyata pembangunan. Kepala daerah tidak perlu ragu-ragu dalam pembangunan infrastruktur, kalaupun ada pihak atau oknum pejabat yang menghambat jalannya pembangunan agar secepatnya dilaporkan ke saya.  Operasi Tangkap Tangan (OTT)  yang ada nanti kita evaluasi dengan membuat regulasi dalam suatu sistem dengan mengaktifkan peran Inspektorat di daerah. Selain itu, untuk menunjang kinerja kepala daerah maka Pemerintah akan membuat Peraturan Pemerintah (PP) untuk operasional gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia,kata Jokowi.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng., SE, MH  usai menghadiri Raker tersebut mengakui, sangat bersyukur  terhadap pencapaian yang diraih Kabupaten Mimika atas penilaian dan apresiasi oleh Pemerintah Pusat, khususnya Presiden RI Joko Widodo.


“Tentunya kita sangat bersyukur atas penilaian dan apresiasi oleh pemerintah Pusat, khususnya kepada Presiden RI Joko Widodo, karena dari seluruh kabupaten /kota se-Indonesia, Kabupaten Mimika mendapat urutan ke 4 (empat ) pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dengan pencapaian ini maka tentunya akan kita tingkatkan lagi dengan progres pembangunan yang nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Eltinus. (***)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment