Pelantikan P2MA-PTP Diharapkan Sejarah Berakhirnya Perang Suku

Bagikan Bagikan
SAPA(TIMIKA) - Ketua Dewan Pertimbangan Tunggal P2MA-PTP wilayah Mee-Pago Provinsi Papua Aloysius Giyai setelah secara resmi melantik  kepala kepala suku wilayah adat Mee-pago, Lapago,Saereri, Tabi, Anim HA, Domberai dan Bomberai meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Mimika bergandengan tangan dengan  P2MA-PTP menciptakan keamanan dan kesejahteraan serta sebagai bukti sejarah berakhirnya perang suku di Kabupaten Mimika.

"Untuk itu saya harapkan dan meminta pemerintah dapat memperhatikan dan  bisa bermitra dengan P2MA-PTP dalam menciptakan kemajuan di tanah Papua terlebih khusus di Timika. Dan Pelantikan ini sebagai sejarah berakhirnya perang suku di Mimika" katanya usai melantik kepala-kepala suku P2MA-PTP, di  GedungTongkonan, Jum’at (6/10).

Menurutnya  para kepala suku yang sudah dilantik  harus bisa berkerja dan mewujudkan harapan masyarakat semua suku di Kabupaten Mimika serta kepala-kepala suku bisa bekerja dengan baik untuk kemajuan di Papua. Maka  kepala-kepala suku tidak boleh mengkonsumsi Miras. Karena melalui Miras inilah awal dari banyak orang Papua jadi korban akibat konflik maupun persoalan lain.
"Saya harap setelah pelantikan ini kedepan tidak ada lagi perang antara suku. Melain kita bekerja sama untuk melindungi generasi anak cucu kedepan," ujarnya.

Dalam pelantikan itu ikut hadir Ketua Komisi 5 DPRP Papua Yakoba Y Lokbere, Sekda Mimika Ausilius You, Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, Danramil Kota Kapten Inf Heru,  Ketua Lemasko Robertus Waropea, kepala-kepala suku dan sejumlah tamu undangan.

Prosesi pelantikan itu secara resmi ditandai dengan penyerahan bendera organisasi dari Ketua Dewan Pertimbangan Tunggal P2MA-PTP  Provinsi Papua Aloysius Giyai kepada ketua P2MA-PTP  Agus Samawo.

Dalam sambutannya Ketua P2MA-PTP  Agus Samawo mengatakan,  berdasarkan logo yang ada berupa honai  P2MA –PTP bekerja sesuai dengan tema tiga tungku yaitu agama,budaya dan pemerintah. Sehingga ketiga tungku ini harus bekerja sama dalam menciptakan keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

"Untuk itu saya harap pemerintah sebagaimana yang diharapkan Ketua Dewan Pertimbangan Tunggal P2MA-PTP Propinsi bisa  memperhatikan dan  bermitra dengan P2MA-PTP dalam menciptakan kemajuan di tanah Papua terlebih khusus di Timika," katanya.

Danramil  kota Kapten Inf Heru dalam sambutan mengharapkan supaya melaluin pelantikan tersebut bisa meningkatkan Kamtibmas di Kabupaten Mimika. "Saya berharap apabika ada masalah. Kepala-kepala suku yang ada bisa membantu aparat dan pemerintah di Kabupaten Mimika untuk menciptakan situasi lebih kondusif," harapnya.

Bagai gayung bersambut, Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon dalam sambutannya juga mengharapkan Kepala-Kepala Suku yang sudah dilantik oleh Ketua Dewan Pertimbangan Tunggal P2MA-PTP Provinsi Papua bukanlah hal yangg sia-sia belaka.

"Kita harus yakin bahwa ini semangat untuk sekutu demi menciptakan keamanan.  Jadi harapan kita adalah kebersamaan antara pemerintah, agama, dan budaya semua harus sinergis dan semua harus rukun. Karena semua warga Timika merindukan keamanan dan kesejahteraan," ujarnya.

Dia juga berpesan kepada Ketua P2MA-PTP yang beru dilantik untuk bisa mengayomi semua suku yang ada di Papua maupun suku non Papua. "Saya juga harap semua suku yang ada di Papua untuk ikut mendukung P2MA-PTP dalam menjalani organisasi ini kedepan," katanya.

Sedangkan, Ketua Komisi 5 DPRP Papua Yakoba R Lokbere mengatakan, kepala-kepala suku  sudah ketahui bahwa Papua banyak masalah baik  dari sisi  masyarakat maupun  pemerintah. Dan itu tidak bisa diselesaikan oleh satu atau dua orang saja. Sehingga mereka yang sudah dlantik, menjadi mitra polisi maupun TNI dalam penyelesaian masalah.

"Saya sangat apresiasi yang tinggi  kepada Pemda Mimika yang mempunyai andil besar untuk mendukung P2MA-PTP  sehingga bisa melaksanakan pelantikan dengan baik," ujarnya.

Bupati Mimika yang diwakili Sekda Mimika Ausilius You mengharapkan, semoga lewat lembaga P2MA-PTP bisa menyumbangkan pikiran yang baik untuk pembangunan dalam semua aspek, baik ekonomi, Kesehatan, pendidikan juga keamanan di Kabupaten Mimika. Dan  kepala suku diharapkan sebagai  ujung tombak di tiap suku bisa meningkatkan rasa kebersamaan sebagai kekuatan.  Karena melalui kebersamaan suatu organisasin bisa meraih kesuksesan.

"Kita harus saling bekerja sama dan bahu membahu untuk menciptakan kemajuan. Dan kalau ini yang kita lakukan maka apa saja kita bisa raih," katanya.


Hal senada, Ketua Lemasko Robertus  Waropea dalam sambutan menyampaikan, sebagai ketua Lemasko dan selaku pemilik hak ulayat sangat mengapresiasi atas pelantikan pengurus kepala-kepala suku P2MA-PTP. "Mari kita jalan bersama sebagai satu saudara masyarakat Papua untuk memajukan Timika ini dan Papua secara umum.  Mari kita tinggalkan hal buruk untuk majukan daerah ini dan semoga tiga tungku menjadikan sebuah kekuatan baru menciptakan keamanan dan kesejahteraan di Mimika, " ujarnya.  (Albin)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment