Pemkab Asmat Evaluasi Kinerja Kepala Distrik

Bagikan Bagikan




SAPA (ASMAT) - Pemerintah Kabupaten Asmat, melakukan evaluasi terhadap kinerja 23 kepala distrik dan perangkatnya. Evaluasi tersebut dikemas dalam Rapat Kerja Kepala Distrik se-Kabupaten Asmat di Aula Ja Asamanam Apcamar, Agats, Selasa-Kamis (12/10). Kegiatan selama tiga hari itu melibatkan para kapolsek dan danramil.

Raker kepala distrik se-Kabupaten Asmat dibuka oleh Bupati Elisa Kambu. Turut hadir Sekda Asmat, Bartholomeus Bokoropces, para asisten sekda, staf ahli bupati, pimpinan OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Ketua Panitia, Retwin Dimara mengatakan, pelaksanaan Raker Kepala Distrik mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Tujuan raker adalah untuk mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan di distrik se-Kabupaten Asmat.

“Tujuannya juga untuk memberikan informasi yang berhubungan dengan kebijakan umum penyelenggaraan pemerintahan daerah. Peserta raker adalah para kepala distrik, para Danramil, para Kapolsek, sekretaris distrik dan kasubag keuangan distrik,” kata Retwin dalam laporannya.

Bupati Asmat, Elisa Kambu dalam sambutannya mengatakan, raker kepala distrik merupakan media untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan di distrik. Oleh karena itu, para kepala distrik dan perangkatnya siap untuk dikritisi dan memperbaiki kinerjanya ke depan.

“Siap untuk dikritisi, siap untuk dibuka kedok-kedoknya. Kita harus siap, karena ini forum untuk kita melakukan perbaikan. Harus ada komitmen bersama untuk membangun negeri ini,” tegas Elisa Kambu.

Sesuai amanat UU Nomor 23 Tahun 2014, ungkap bupati, kepala distrik wajib memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat. Bukan menggunakan otoritas untuk melakukan hal-hal tidak terpuji.

Dikatakan, tugas umum yang diemban kepala distrik meliputi; pemberdayaan masyarakat, penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan, pemiliharaan fasilitas pelayanan umum, penyelenggaraan pemerintahan di tingkat distrik dan membina penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan.

“Bapak ibu (kepala distrik) sudah satu tahun, jadi kita akan mengevaluasi agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan masyarakat di distrik semakin lebih baik,” katanya.

Bupati Elisa Kambu menyatakan, evaluasi terhadap kinerja kepala distrik dan penyelenggaraan pemerintahan di distrik dilaksanakan setiap tahun melalui rapat kerja. Hal itu sebagai upaya untuk mewujudkan visi misi Pemerintah Kabupaten Asmat.

Ia menambahkan, evaluasi kepala distrik di tahun 2017 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Yang mana, dalam rapat kerja kali ini melibatkan para kapolsek dan danramil. Keterlibatan unsur TNI-Polri dimaksudkan agar kebijakan umum pemerintah daerah dapat dilaksanakan secara terintegrasi dan sinergis. (Nuel)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment