Pemkab dan BPS Sinkronkan Data Pembangunan

Bagikan Bagikan

SAPA (ASMAT) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Asmat bakal menyinkronkan data dan informasi statistic, guna kepentingan pembangunan Kabupaten Asmat pada tahun ini maupun di tahun-tahun mendatang.

Berkaitan dengan sinkronisasi data pembangunan, pemerintah setempat melalui Dinas Informasi dan Komunikasi melaksanakan Seminar Data dan Informasi Statistik untuk pembangunan Kabupaten Asmat, dengan melibatkan BPS dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Ya tadi ada seminar data dan informasi statistik. Saya yang membuka kegiatan tersebut. Terkait dengan itu, memang data sangat dibutuhkan untuk mendukung perencanaan pembangunan di Kabupaten Asmat,” kata Asisten I Sekda Asmat, Yustus Kakom, Rabu (11/10).

Yustus mengatakan, kegiatan dimaksud agar ada sinkronisasi data dan informasi antara BPS dengan Pemkab Asmat. Terutama baru-baru ini, pemerintah setempat melaksanakan sensus penduduk, ekonomi dan pembangunan di ratusan kampung dan puluhan distrik.

“Ini sejalan dengan kita. Di situ ada keterkaitan data untuk menunjang perencanaan pembangunan ke depan. Itu pokoknya,” kata dia.

Menurut Yustus, pemerintah setempat memang sangat membutuhkan data dan informasi yang benar-benar valid, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain digunakan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan pembangunan, data dan informasi juga dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang ingin berinvestasi di kabupaten tersebut.

“Data-data statistik juga dibutuhkan masyarakat secara luas, baik akademisi, LSM atau investor. Data-data tersebut akan menjadi acuan pembangunan,” ujarnya.

Dalam seminar yang dilaksanakan sehari itu, tambah Yustus, dijelaskan pula soal Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Asmat. Tahun sebelumnya, IPM Asmat berada di urutan ke 20, namun tahun ini naik satu tingkat, yakni di urutan 19.

“Jadi memang kita butuhkan data yang valid dan akurat untuk pembangunan, salah satunya menaikkan nilai IPM kita,” tandasnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment