Perayaan HUT Mimika Harus Dirasakan Masyarakat

Bagikan Bagikan




SAPA ( TIMIKA) - Anggota Komisi B DPRD Mimika, Antonius Kemong, mengatakan anggaran sebesar Rp600 juta yang dialokasikan pemerintah untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mimika, harus digunakan sebaik-baiknya dan untuk pesta rakyat dan dirasakan oleh masyarakat. Dana sebesar itu, dinilai cukup untuk membuat pesta rakyat seperti bakar batu atau pasar malam.

“HUT Mimika kan jatuh pada tanggal 8 Oktober. Jadi panitia harus melakukan sosialiasi agar masyarakat mengetahuinya. Karena anggarannya cukup. Karena acaranya hanya 1 atau 2 hari saja,” kata Antonius kepada wartawan di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Selasa (3/10).

Ia menambahkan, kegiatan yang dilakukan jangan hanya di Kota Timika, tetapi harus dilakukan di setiap distrik. Kegiatan seremonial, kata dia, harus dikurangi. Panitia harus membuat acara dengan kreatif, dan dapat menyentuh masyarakat Mimika.

“Perayaan HUT Mimika dirayakan setiap tahun, saya pikir inilah momen untuk meningkatkan keberasamaan warga di Kabupaten Mimika,” katanya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD lainnya,Yelinus Mom. Ditempat yang sama Ia mengatakan, dana untuk perayaan HUT Mimika senilai Rp600 juta jangan sampai dibilang tidak ada dana. Sebab, dana tersebut sudah dikeluarkan untuk kepentingan masyarakat. Dengan jumlah dana yang ada, pemerintah diminta memaksimalkan dengan memilah acara mana yang lebih baik dan menyentuh masyarakat.

“Pemerintah dalam merayakan HUT Mimika jangam lagi mengundang artis-artis dari luar Timika. Tapi pemerintah harus membuat pentas budaya, pesta rakyat,” kata Yelinus.

Di Mimika, kata Yelinus, hampir setiap kampung mempunyai lapangan yang dapat digunakan untuk merayakan HUT Mimika. Dana yang ada dapat dibagikan ke kampung-kampung untuk membuat acara merayakan HUT Mimika.

“Acara bakar batu itu bagian dari pesta rakyat. Banyak warga yang datang ke DPRD memberikan masukan agar diadakan pesta rakyat,” ujarnya.

Sementara itu, Aser Gobay mengatakan, terkait dana yang dialokasikan Pemkab Mimika untuk perayaan HUT Mimika, malah dianggapnya kurang untuk membuat kegiatan di Mimika. Seharusnya, menurut Aser, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp2 milyar. Maka dengan dana sebesar itu kegiatan dapat dilakukan oleh seluruh SKPD dan oleh warga Mimika.


"Kegiatan HUT Mimika dapat dilakukan dua kegiatan, yakni oleh SKPD dan warga Mimika. Tidak hanya itu, semua distrik yang ada di Mimika dapat merayakannya,” katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment