Pergi ke Amerika Jangan Gunakan Uang Rakyat

Bagikan Bagikan
Mathius Uwe Yanengga D
SAPA (TIMIKA) – Menanggapi adanya wacana kepergian Bupati Mimika dan DPRD Mimika ke Amerika, anggota Komisi A DPRD Mimika, Mathius Uwe Yanengga D meminta agar kepergian itu tidak menggunakan uang rakyat yang dianggarkan dalam APBD. Tidak hanya itu, keberangkatan ke Amerika juga jangan membawa nama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) karena tidak semuanya anggota DPRD ikut berangkat.

Menurut Mathius, wacana keberangkatan Pemda dan anggota DPRD ke Amerika itu sah sah saja apabila menggunakan dana pribadi. Namun, apabila menggunakan dana Anggaran Pendapatan Daerah (APBD) Kabupaten Mimika maka dipastikan ada temuan nantinya.

"Kalau pergi ke Amerika dengan yang uang pribadi tidak masalah. Tapi kalau menggunakan anggaran daerah, maka kami sangat menyayangkan. Dan itu akan kita tindaklanjuti nantinya,” katanya kepada wartawan di Kantor DPRD Mimika, Senin (30/10).

Ia menjelaskan dengan kondisi daerah saat ini, tidak ada keinginan DPRD untuk pergi ke Amerika. Tetapi kalau ada, itu merupakan oknum yang kemungkinan ada kepentingan pribadi. Apalagi ini tahun politik, sehingga hal itu bisa terjadi.

"Saya tegaskan jangan gunakan uang negara atau uang APBD. Dan dalam APBD Perubahan 2017, tidak dianggarkan untuk perjalanan ke luar negeri.  Selain  itu, kalau ada anggota DPRD yang pergi, maka itu oknum," ujarnya.

Hal ini disampaikan karena dirinya prihatin dengan kondisi yang terjadi di daerah ini. Dimana masyarakatnya juga tidak menentu arahnya,. Serta banyak hal yang harus dilakukan, seperti masalah guru honor yang belum selesai. Dan segala macam persoalan yang belum diselesaikan. "Lebih baik urus masalah di daerah ini sampai selesai, daripada pergi ke Amerika. Karena daerah ini lebih penting untuk dipikirkan," ungkapnya.

Sementara Ketua Komisi A Saleh Alhamid mengatakan, wacana keberangkatan Pemda dengan DPRD karena ada hubungan dengan pekerjaan. Bupati Mimika mengundang DPRD untuk ikut berangkat ke Amerika pada bulan November mendatang. “Saya pribadi di undang untuk ikut berangkat. Namun, saya pikir untuk tidak memenuhi undangan tersebut,” katanya.

Sebelumnya juga  anggota DPRD dari komisi C Yohanes Wantik sudah melakukan penolakan terhadap wacana keberangkatan Pemda dan anggota DPRD ke Amerika. Ia mengatakan, keberangkatan ke Amerika hanya untuk foya foya saja dan merupakan pemborosan anggaran.


"Saya pribadi malu apabila ikut pergi. Bagi saya itu hanya pemborosan. Lebih baik uang itu pembangunan seperti bangun jembatan," katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment