Pesawat Pemda Mimika Tergelincir di Runway Sentani

Bagikan Bagikan
Pesawat milik Pemkab Mimika tergelincir di Bandara Sentani
SAPA (TIMIKA)-Kapolda Papua, Irjen Boy Rafli Amar melalui Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Papua, AKBP Suryadi Diaz dalam siaran persnya menyampaikan, pesawat Asian One Air jenis Caravan PK LTV milik Pemda Mimika yang dipiloti Kapten Pilot Zelda tergelincir di Bandar Udara Utama 1 Sentani sekitar pukul 17.10 Wit, Rabu (18/10).

Disebutkan dari kronologis kejadian itu berawal  dari sekitar pukul 17.07 wit, Capten Pilot pesawat Asian One Air jenis Caravan PK  LTV menghubungi Tower ATC meminta izin untuk melaksanakan Perbaikan Swing Compas di Area Taxi way. Setelah itu,  pada pukul 17.10 wit pesawat Asian One Air jenis carvan melakukan perbaikan swing kompas di area Taxy way bandara Sentani. Ketika hendak melakukan kalibrasi kompas (pengecekan kembali) tiba-tiba sistem break (rem) tidak berfungsi normal, akibatnya pesawat tergelincir keluar ke arah kiri dari taxi Way.

Menyikapi kejadian itu,  Pos Jaga Paskhas  yang berada di Runway 30 sekitar pukul 17.16 Wit menghubungi tower ATC dan Posko Pam Avsec Bandara untuk menginformasikan ada pesawat yang masuk ke parit di Area Taxi  F Run Way 30.

Disampaikannya sesudah mendapat informasi tersebut, personil Polsek Kawasan Bandara Sentani bersama anggota Posko Pam Bandara dipimpin Kapolsek Kawasan Bandara Sentani Ipda Baharudin Buton, SH mendatangi TKP di Areal Taxi F Runway 30, pada pukul 17.20 Wit mengevakuasi Kapten Pilot Zelda dan Crew tehknik atas nama, Prihantoro, Ridwan dan Petrus ke Hanggar Tariku.


Pesawat ASIAN ONE AIR jenis Karavan PK LTV milik Pemda Mimika berhasil di evakuasi pada pukul 20.30 Wit dan langsung dimasukan ke Hanggar Tariku. Akibat insiden tersebut pilot dan crew mengalami luka lecet ringan  pada kaki dan tangan. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment