PLN Targetkan 18 Distrik di Mimika Bisa Menikmati Listrik

Bagikan Bagikan
Manger PLN cabang Timika, Salmon Kareth.
SAPA (TIMIKA) – Manager PLN cabang Timika, Salmon Kareth menargetkan pada tahun 2019 seluruh Kabupaten Mimika sudah bisa menikmati aliran listrik. 18 distrik yang ada di Mimika seluruhnya akan menikmati listrik jika tidak terjadi kendala dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Poumako.

Namun, hal itu harus melihat kondisi cuaca yang ekstrim di Papua. Sebab, cuaca yang ekstrim selalu saja menjadi hambatan dalam melakukan pekerjaan pembangkit listrik.

“Kami targetkan tahun 2019 semuanya distrik yang ada di Kabupaten Mimika sudah dialiri listrik, dan itu sudah menjadi target dari PLN. Hal ini dapat kami capai apabila cuaca mendukung,” kata Salmon Kareth baru-baru ini.

Pembangunan PLTD yang sedang disiapkan oleh PLN akan memiliki kekuatan sebesar 50 megawatt (MW). Tetapi, pembangunannya saat ini masih terkendala pembayaran lahan yang belum diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika.

“Kami mengharapkan urusan yang berkaitan dengan proses pengadaan lahan segera diselesaikan, dalam hal pembayarannya. Apabila itu sudah diselesaikan, PLN sudah siap dengan semua pengerjaanya,” katanya.

Lahan yang akan digunakan untuk pembangunan PLTD luasnya mencapai 10,4 hektar. Apabila maslaah lahan sudah rampung maka, PLN mengklaim hanya membutuhkan waktu enam bulan untuk menyelesaikan pembangunananya. Sebab, hanya tower PLN saja yang membutuhkan waktu lama, sedangkan untuk pembangunan yang lainnya tidak begitu membutuhkan waktu lama.

Lebih lanjut, kata Salmon, saat ini tahap pertama PLN cabang Timika sudah menjangkau beberapa distrik di pinggiran Kota Timika, yakni Distrik Iwaka, Wania dan Mimika Timur. Sedangkan untuk tahap kedua di wilayah luar Kota Timika, PLN baru menjangkau Distrik Agimuga. Direncanakan awal tahun 2018 Distrik Agimuga sudah bisa berfungsi maksimal. Sedangkan untuk tahap ketiga, pembangunan direncanakan di Kokonau dan Atuka, dan dilanjutkan ke daerah pegunungan, yakni untuk beberapa kampung yang berada Distrik Tembagapura.

“Wilayah-wilayah ini sangat sulit dijangkau, tapi yang dapat dijangkau akan menjadi prioritas kami. Kami ingin bekerjasama dengan pemda untuk akses transportasi jalan, agar cepat masuk. Kondisi alam seperti cuaca ekstrim dan akses jalan yang tidak mendukung, akan menjadi hambatan buat kami. Jadi hal ini tidak segampang yang kita pikirkan, karena banyak resikonya,” tuturnya.

Saat ini, PLN cabang Timika baru memiliki tenaga sebesar 25 megawatt yang mencakup wilayah Timika, Poumako dan Miyoko. Kebutuhan di Kota Timika secara umum hanya 25 megawatt, sedangkan beban puncak untuk PLTD yang ada sebesar 24 megawatt.

“Timika sudah tidak mempunyai stok lagi. Ini menjadi kekurangan kami saat ini. Melihat kekurangn ini, PLN mengharapkan agar pemda dapat menyelesaikan permasalahan lahannya dengan cepat,” ujarnya.

Saat ini, area kerja PLN cabang Timika selain mencakup wilayah Mimika, juga mencakup wilayah kabupaten tetangga seperti Yahukimo dan Asmat. Selanjutnya lagi, PLN cabang Timika akan mencakup Kabupaten Nduga. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment