Polres Mimika Kumpulkan Bukti-Bukti Penyelidikan

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon, SH,S.IK, MH, M.Si mengatakan, sejauh ini pihak kepolisian fokus mencari dan menangkap warga binaan yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Timika. Polisi sedang melengkapi bukti-bukti di lapangan untuk penyelidikan.

“Jadi terkait dengan Lapas. Iya memang sementara ini kan kita sedang mencari. Terutama untuk kasus yang kemarin pelaku yang melarikan diri dan juga memfasilitasi ini,” kata Kapolres saat ditemui wartawan Salam Papua usai menghadiri Upacara peringatan HUT TNI ke 72 di halaman kantor Puspem SP3, Kamis (5/10).

Dia menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan ada keterlibatan pegawai Lapas tanpa ada bukti-bukti pendukung yang kuat. Harus selalu diutamakan asas praduga tak bersalah. Pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti terkait jika ada keterlibatan pegawai Lapas.

“Yang bisa menjawab apakah ada keterkaitan oknum Lapas itu kita harus butuh pembuktian dan sudah tidak bisa mengatakan atas praduga tak bersalah,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, bukan hanya kali ini ada warga binaan Lapas yang kabur. Hal tersebut sudah sering terjadi, sehingga perlu penyelidikan. Apakah kaburnya warga binaan atas kelalaian petugas Lapas karena keterbatasan personil? Atau, adanya kerjasama pegawai Lapas dengan warga binaan yang kabur? Perlu dilakukan pendalaman secara intens.

“Tentunya kita harus melengkapi bukti-bukti yang ada di lapangan atau bukti-bukti yang berkembang pada saat penyelidikan,” ungkapnya.

Untuk saat ini, Dia menegaskan, pihaknya masih fokus untuk mencari dan menangkap warga binaan yang kabur. Sebab di antara mereka merupakan pelaku pembunuhan yang divonis penjara lebih dari 6 tahun.

“Kita masih fokus pada Napi yang kabur,” tegasnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment