Program 1000 HPK di Puskesmas Atsj Menyasar 75 Bumil

Bagikan Bagikan
SAPA (ASMAT) Pelaksanaan Program Seribu Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) di Puskesmas Atsj, Distrik Atsj menyasar sedikitnya 75 ibu hamil (bumil) pada tahun ini. Program pemberian makanan bergizi bagi bumil di Atsj telah dimulai sejak Juni 2017 lalu.

Ahli Gizi Puskesmas Atsj, Yuniati Langan menyebut ada 75 ibu hamil yang mengikuti Program 1000 HPK di Puskesmas Atsj. Setelah mengikuti program tersebut sejak Juni lalu, kini tinggal 6 peserta yang mengalami Kekurangan Energi Kalori (KEK) dan 69 bumil lainnya sudah berangsur normal.

Menurut dia, pemberian makan bergizi dilaksanakan dari hari Senin hingga Kamis dengan menu yang bervariasi, dan sesekali diberikan buah-buahan dan susu. Program pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil menurutnya lagi, sangat baik.

“Perlu dilanjutkan karena program ini sangat baik untuk mempersiapkan generasi emas sejak dalam kandungan. Program ini juga bisa berjalan baik jika angka partisipasi masyarakat meningkat,” katanya, Rabu (11/10).

Dikatakan, dari 75 peserta yang mengikuti Program 1000 HPK, beberapa di antaranya sudah melahirkan. Hasilnya cukup memuaskan, sebab bayi yang dilahirkan memiliki berat badan rata-rata normal, yakni 3 kilogram. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, berat badan bayi yang baru lahir tidak sampai 2,5 kg.

Ia berharap, pemerintah setempat dapat melanjutkan program tersebut di tahun mendatang karena dinilai sangat baik untuk kesehatan masyarakat, khususnya ibu hamil, ibu menyusui dan anak usia dini.

“Memang cukup antusias mengikuti. Hanya saja ada beberapa peserta yang terbiasa merokok dan makan pinang. Kami sudah ingatkan, dan sekarang tidak lagi,” katanya.
Salah satu peserta Program 1000 HPK di Puskesmas Atsj, Petronela Akatakan memberikan tanggapan yang positif terkait program tersebut. Katanya, setelah mengikuti Program 1000 HPK, badannya terasa lebih baik.

“Usia kandungan saya sekarang sudah 8 bulan. Saya merasa lebih enak, tidur malam juga baik. Kami berharap program ini bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (Nuel)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment