Ratusan Siswa Lulusan SMPN 7 Belum Memperoleh Ijazah

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Meski sudah dinyatakan lulus dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Mimika, pada kenyataannya ratusan siswa lulusan sekolah itu belum mendapatkan ijazah. Hingga kini, ijazah ratusan siswa tersebut masih berada di pihak sekolah, belum ditandatangani kepala sekolah (Kepsek).

Hal ini disinyalir buntut dari permasalahan jabatan kepsek di sekolah itu, dimana terjadi dualisme kepsek. Sebagai gantinya, pihak sekolah hanya memberikan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) sementara kepada siswa yang dinyatakan lulus.

Wakil kepsek SMPN 7 Mimika, Asmiati, menjelaskan, ratusan siswa alumni SMPN 7 Mimika belum diberikan ijazah dikarenakan belum ada kejelasan dari Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) terkait jabatan kepsek.

"Iya, memang benar bahwa pihak sekolah masih menahan ijazah siswa kita yang sudah lulus. Pihak komite sedang berusaha menyelesaikan persoalan ini bersama ibu Kadis (Kepala Dinas),” kata Asmiati saat ditemui Salam Papua di ruang guru SMPN 7 Mimika. Selasa (3/10).

Ia mengatakan, memang sudah seharusnya persoalan ijazah yang belum ditandatangani kepsek harus segera diselesaikan, karena menyangkut dengan ratusan siswa lulusan SMPN 7 tahun 2017 ini.

"Persoalan ini sudah darurat. Setiap hari, para wali murid datang untuk menanyakan ijazah. Banyak dari mereka yang sudah SMA membutuhkan ijazah tersebut. Tentu kita kasihan pada siswa yang menjadi korban dari masalah jabatan kepala sekolah,” ujarnya.

Ia memastikan, proses penyelesaian masalah ijazah yang belum ditandatangani ini masih dalam tahap rapat koordinasi bersama dewan komite sekolah. Namun, Ia juga memastikan masalah ini akan segera diselesaiakan.

“Kita akan menyelesaikan ini. Memang tidak ada hasil dari rapat komite kemarin. Tapi kita akan berusaha terus hingga ibu Kadis bisa menyelesaikannya,” ujarnya, sembari berharap agar persoalan ijazah bisa selesai. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment