Rencana Pemkab dan DPRD ke Amerika Tuai Kritikan

Bagikan Bagikan
Yohanes Wantik
SAPA (TIMIKA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Yohanes Wantik mengkritik rencana eksekutif dan legislatif yang akan berangkat ke Amerika pada bulan November mendatang. Rencana keberangkatan tersebut dinilai hanya pemborosan anngaran dan foya foya saja.

Ditemui Salam Papua di Gedung DPRD, Jumat (27/10), Yohanes Wantik mengatakan kondisi keuangan Kabupaten Mimika saat ini defisit sekitar Rp 800 miliar. Seharusnya dalam kondisi seperti ini, Pemkab didukung DPRD, melakukan pengetatan dan efisiensi anggaran, agar dana yang ada memiliki dampak psoisitf bagi masyarakat. Bukan sebaliknya pergi ke luar negeri untuk liburan dengan menggunakan uang rakyat.

"Saya pribadi sebagai anggota dewan malu apabila ikut pergi. Apa kata masyarakat nantinya. Bagi saya hal itu hanya pemborosan dan bentuk foya foya saja. Mendingan uang tersebut buat pembangunan seperti bangun jembatan," katanya.

Ia menegaskan, harusnya eksekutif dan legislatif melakukan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018. Bukan melakukan hal yang tidak penting seperti berangkat ke Amerika.

"Saya kesal terhadap rekan rekan di DPRD yang mau ikut ke Amerika. Mereka tidak melihat kondisi daerah ini. Saya pribadi disuruh ikut ke Amerika tapi saya menolaknya. Karena saya belum bisa mewujudkan janji politik saya terhadap masyarakat daerah pemilihan (Dapil) saya. Berangkat ke Jakarta saja saya malu, apalagi sampai ke Amerika yang nantinya pasti menghabiskan dana miliaran rupiah," jelasnya.

Yohanes menyebutkan,  anggota DPRD yang rencananya ikut ke Amerika yakni ketua komisi, pimpinan dewan dan eksekutif. 

"Mendingan uang tersebut dikasih ke saya, biar saya bisa pakai bangun satu atau dua  jembatan untuk untuk rakyat. Itu akan lebih bangus dan bermanfaat," ujarnya.

Rencananya eksekutif dan legislatif akan berangkat ke Amerika pada bulan November mendatang dengan tujuan liburan. Rencana ini mendapat penolakan dari sejumlah anggota DPRD Kabupaten Mimika.

Sejumlah anggota dewan menilai rencana keberangkatan ke Amerika bukan merupakan bagian dari program kerja dari Pemkab Mimika. Tapi hanya untuk liburan dengan menggunakan uang rakyat. (Tomy)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment