Saka Dirgantara Gelar Perkemahan Peringati Hari Sumpah Pemuda 7 Point Amalkan Satya dan Dharma Pramuka

Bagikan Bagikan
Penyematan tanda siswa
SAPA (TIMIKA) – Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 tanggal 28 Oktober 2017, Satuan Karya (Saka) Dirgantara bersama Pangkalan Udara (Lanud) Timika menggelar perkemahan selama 3 hari. Kegiatan tersebut diikuti oleh 52 sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang berlangsung di halaman upacara Lanud Timika, Sabtu (28/10).

Hadir dalam upacara pembukaan perkemahan di antaranya, Danlanud Timika Letkol (Pnb) Meito Datau selaku Pembina upacara, Kadis Ops Lanud Timika Mayor Pok Eko Mujiono, serta seluruh Pembina Pramuka di tingkat Saka dan Gugus Depan (Dudep).

Letkol (Pnb) Meito Datau dalam arahannya mengatakan, kegiatan perkemahan yang tengah dilakukan saat ini bertujuan untuk menggelorakan kembali semangat perjuangan para pemuda dalam merebut kemerdekaan. Sebagai generasi muda agar menghargai perjuangan para pahlawan. Generasi muda perlu ditanamkan jiwa sebagai pemimpin masa depan bangsa yang memiliki kepribadian yang kuat, semangat, disiplin, inovatif dan bekerja keras dengan mewujudkan cita-cita bangsa. Tapi juga bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

”Tujuan dilaksanakan perkemahan untuk menanamkan semangat perjuangan para pemuda untuk mengisi kemerdekaan,” kata Letkol Meito Datau dalam arahannya, Sabtu (28/10).

Dia menerangkan, para pendahulu dalam memperoleh kemerdekaan, direbut dengan tetesan darah dan air mata. Untuk itu, generasi saat ini berkewajiban untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang konstruktif dan bermanfaat. Sejalan dengan tema yang diusung "Meningkatkan rasa Nasionalisme melalui gerakan pramuka dan Sumpah Pemuda sekaligus menciptakan kreatifitas serta bakat para pemuda." “Kita harus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat,” terangnya.

Sementara itu, ada 7 poin penting yang ditekankan Danlanud Timika. Tingkatkan intensitas dan kualitas Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter Bangsa, serta menjadi pelopor dalam membudayakan diri, senang bekerja keras serta cerdas dan ikhlas, dengan tujuan mengajak kaum muda untuk meningkatkan semangat Bela Negara.

Dia melanjutkan, generasi muda perlu mengutamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotisme, demi memantapkan tekad sebagai patriot pembangun bangsa. Perlu juga menaruh kepentingan Bangsa dan Negara di atas segalanya.

Pendidikan dan pelatihan kepramukaan harus melahirkan generasi muda yang berwawasan kebangsaan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan NKRI, serta mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Gerakan Pramuka berisi semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual. Bukan hanya dijunjung tinggi, tapi yang lebih penting dilaksanakan dan diamalkan.

”Tingkatkan kepramukaan untuk mewujudkan cita-cita bangsa dengan mengamalkan pada Satya dan Dharma Pramuka,” ujarnya.

Dia berharap, Gerakan Pramuka akan menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual generasi muda. “Wadah Kepramukaan untuk menanamkan rasa nasionalis dan spiritual,” harapnya. (Ricky Lodar)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment