Sarpras dan SDM Menjadi Point Penting Sebuah Sekolah

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) – Sarana dan Prasarana (Sarpras) serta Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan hal yang penting dalam menunjang kualitas sebuah sekolah.

Kepala SMK Pertambangan Hermon Timika, Yulian Solosa kepada Salam Papua di ruang kerjanya, Senin (2/10) mengatakan, Yayasan Hermon sedang membenahi sarana dan prasarana serta SDM dalam hal ini tenaga pendidik di sekolah tersebut.

Yayasan dan sekolah sedang berusaha melengkapi Sarpras di sekolah. Sebab hal tersebut sangat menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sarpras yang perlu dibenahi seperti ruang Laboratorium dan bengkel. Perubahan ini diusahakan tahun depan. Karena pembenahannya  dilakukan secara bertahap.

“Sarpras yang sekarang sudah tersedia murni disiapkan oleh yayasan dan sekolah. Tetapi untuk alat praktek jurusan Geologi Pertambangan sudah ada bantuan dari Kementerian Pendidikan khusus SMK pada tahun 2012. Sementara untuk jurusan otomotif  belum ada bantuan dari pihak manapun. Sehingga sekolah dan yayasan terus berupaya untuk melengkapi kekurangan yang ada,” kata Yulian.
Untuk jurusan mesin, pihak sekolah dan yayasan telah memberikan mobil truk dan pic up untuk digunakan siswa saat praktek. Walaupun adanya keterbatasan alat praktek, namun siswa tetap dengan semangat melaksanakan proses pembelajaran.

“Sekolah kami baru berjalan enam tahun. Tapi saya optimis akan membawa SMK ke arah yang lebih bagus. Sesuai harapan pemerintah, masyarakat dan yayasan,” ungkapnya.

Sedangkan dari sisi SDM, sekolah melihat berdasarkan jenjang pendidikan. Tenaga pendidik yang masih lulusan Diploma, diharuskan melanjutkan studinya untuk program Sarjana Pendidikan. Dalam hal ini, STKIP Hermon merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Timika yang membuka konsentrasi pendidikan tersebut. Sebab, tenaga pendidik untuk pelajaran normatif, adaptif dan produktif diwajibkan jenjang pendidikannya S1 (Sarjana).


“Bagi mereka yang masih sarjana muda, harus melanjutkan kuliah. Karena tahun depan tidak ada alasan, kami akan melakukan pembenahan,” tutupnya. (Red)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment