Sekolah Wajib Beri Sanksi Tegas Tiap Pelanggaran Siswa

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA)-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mimika, Ausilius You mengatakan setiap lembaga pendidikan di Mimika wajib memberikan sanksi tegas kepada setiap siswa supaya bisa mentaati tata tertib di Sekolah.

Hal ini urgen dilakukan mengingat telah ditangkapnya beberapa pelajar oleh aparat kepolisian beberapa waktu lalu saat sedang mengkonsumsi Minuman Keras (Miras). Dia mengungkapkan, fenomena pelajar SMP dan SMA/SMK di Mimika mengkonsumsi Miras bukanlah hal yang baru terjadi. Hal ini tentunya menuntut setiap sekolah harus membuat aturan yang disertai sanksi tegas.

"Kan di setiap sekolah ada tata tertibnya. Nah tata tertib itu harus disertai dengan sanksi supaya mendorong kedisiplinan anak-anak. Jangan takut berikan sanksi karena Guru di sekolah itu juga merupakan orang tua siswa," kata Ausilius ketika diwawancarai Salam Papua usai membuka kegiatan pelatihan jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) di Hotel Bisnis, Timika Indah, Rabu (18/10).

Siswa yang berani mengkonsumsi Miras, lem aibon dan barang haram lainnya, diakuinya sebagai tingkah laku yang tidak terpuji. Sebab hal tersebut merupakan tingkah yang membuat masa depan anak menjadi hancur.

Dia menambahkan, dalam kemajuan jaman, setiap orang seharusnya menyambut baik namun tetap butuh seleksi antara pengaruh positif atau negatifnya. Untuk itu, dalam hubungannya dengan siswa, sangat perlu peran sekolah dan orang tua supaya siswa tidak menjadi korban dampak negatif kemajuan jaman.


"Anak-anak itu semua korban kemajuan era. Tapi seharusnya bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak baik. Memang juga butuh peran dari setiap sekolah untuk mengawasi setiap gerak-gerik mereka," ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment