Selamatkan Rakyat Mimika, Bupati Diminta Cabut Ijin Miras

Bagikan Bagikan
SAPA (TIMIKA) – Tokoh Masyarakat dan juga Wakil Ketua III Lemasko bidang Kemitraan Marianus Maknaipeku mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika harus melaksanakan Pakta Integritas yang telah disepakati bersama oleh Gubernur dan seluruh kepala daerah di Provinsi Papua. Demi menyelamatkan masyarakat Papua yang sering menjadi korban akibat konsumsi Minuman Keras (Miras).

“Kami dari lembaga adat sangat mendukung 100% kebijakan yang diambil oleh Gubernur. Dan Bupati harus menjalankannya, sebab Gubernur merupakan atasan dari Bupati,” kata Marianus saat ditemui Salam Papua di kediamannya di jalan Ahmad Yani, Minggu (22/10).

Menurutnya, pengusaha Miras yang meraup keuntungan dari penjualan Miras namun mendatangkan melapetaka bagi masyarakat Papua yang sering mengkonsumsi Miras. Miras hanya mendatangkan banyak masalah, seperti KDRT, perang suku, kecelakaan lalu lintas dan lain sebagainya.

“Minuman itu tidak ada untungnya. Sebab hanya mendapatkan kerugian dan mencelakakan orang lain serta menimbulkan masalah di atas masalah,” ujarnya.

Oleh sebab itu, kata dia, pemberian ijin usaha Miras di Mimika yang telah diperpanjang oleh Pemkab Mimika harus dicabut dan dibekukan, sesuai perjanjian bersama yang tertuang dalam Pakta Integritas tahun lalu. Apabila saat ini tidak dibenahi, nasib rakyat Papua akan sama dengan rakyat Aborigin yang akhirnya menyesal ketika semuanya sudah terjadi.

“Kami minta Kepada Bupati Mimika agar pemberian perpanjangan izin kepada distributor Miras itu harus segera dicabut dan dibekukan. Bila perlu instruksi gubernur harus dijalankan. Kalau seandainya kita tidak benahi dari sekarang, nasib masyarakat Papua akan sama seperti masyarakat Aborigin,” katanya.

Dia berharap, dengan adanya Pakta Integritas, Perda Miras yang dikeluarkan oleh Pemkab Mimika dan diperkuat dengan Satgas Anti Miras yang telah dibentuk, dia yakin akan memperkecil masuk dan beredarnya Miras di Mimika.

“Saya harap dengan adanya Pakta Integritas, ada Perda Miras, dan ada Satgas Anti Miras ini akan memutuskan peredaran Miras di Mimika,” harapnya. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment