Semua Elemen Masyarakat Harus Membangun Mimika

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengambil bagian dalam membangun Kabupaten Mimika.

"Dalam kurun waktu 21 tahun, kemajuan Kabupaten Mimika sangat pesat dibandingkan dengan kabupaten tetangga lain yang muncul bersamaan," kata Bupati Eltinus, Senin (9/10).
Dia meminta seluruh komponen yang terkait baik eksekutif, legislatif, yudikatif dan seluruh masyarakat bergandeng tangan membangun kabupaten dengan filosofi "eme neme yauware (bersatu bersaudara membangun)".

Dikatakan bahwa Mimika sebelumnya adalah daerah yang terisolir, daerah yang terbelakang dan didiami oleh suku Amungme yang ada di lereng gunung dan suku Kamoro yang mendiami pesisir pantai yang tidak ada apa-apanya.

Untuk itu ia mengajak semua masyarakat Mimika untuk bersyukur kepada Tuhan karena daerah Mimika saat ini telah menjadi satu kabupaten yang berkembang diberbagai sektor dan akan terus maju berkat dukungan dan kerja sama semua pihak untuk sama-sama membangun Mimika yang lebih baik lagi.

Ia juga mengatakan bahwa perayaan dalam memperingati HUT Mimika yang digelar tersebut hendaknya memiliki arti penting untuk memperkokoh jati diri sekaligus untuk meningkatkan motifasi dasar kecintaan dan kebanggaan serta rasa memiliki terhadap daerah Mimika.

Kabupaten Mimika adalah pemekaran dari Kabupaten Fakfak yang pada saat itu Mimika hanya terdapat tiga kecamatan yaitu kecamatan Mimika Barat, Mimika Timur dan Agimuga.

Berdasarkan bukti sejarah, Kabupaten Mimika telah terbentuk sejak pengambilan janji jabatan Bupati Mimika daerah tingkat satu Irian Jaya pada Selasa, 8 Oktober 1996 sebagai pelaksana Bupati Mimika dengan surat keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 812.121:308 tertanggal 19 September 1996 oleh Menteri Dalam Negeri Mumahammad Yogi.

Rapat Paripurna DPRD pada 27 September 2017 telah ditetapkan Peraturan Daerah tentang Hari Jadi Kabupaten Mimika yaitu pada 8 Oktober 1996.

Perayaan HUT Mimika kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini Pemkab Mimika melibatkan masyarakat Mimika secara langsung untuk bersama-sama memeriahkan perayaan peringatan HUT Mimika.


Berbagai atraksi maching band, tarian adat dari berbagai daerah juga disuguhkan oleh pelajar SMA yang ada di wilayah itu termasuk hiburan rakyat dengan mendatangkan para artis seperti Sandi Betay, Yopie Latu dan Mitha Talahatu. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment