Sering Banjir, Pemeritah Diminta Mencari Solusi

Bagikan Bagikan




SAPA(TIMIKA) - Warga yang berada di sekitaran belakang SMA Negeri I Mimika meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika dalam hal ini instansi terkait, dapat mencari solusi menangani banjir yang selalu merendam puluhan rumah warga di wilayah itu. Sebab, di wilayah itu tidak terdapat drainase, ketika hujan turun air tidak mengalir, melainkan tergenang.

"Kalau sudah hujan otomatis terjadi banjir. Karena kita disini tidak ada jalan air ke sungai.  Kalau sudah turun hujan 1-2 jam warga mulai bersiap untuk berkemas pakaian. Jadi kita harap ada perhatian dari pemerintah," kata Hanis, salah satu warga di belakang SMA Negeri I Mimika, Jalan Papua 2, saat menjumpai Salam Papua, Jumat (7/10).

Hanis mengungkapkan, memang pada tahun-tahun sebelumnya belum terjadi banjir seperti sekarang. Seiring pertambahan penduduk disertai penambahan jumlah bangunan, maka tidak ada lagi lahan untuk mengairi air yang tergenang. Selain itu, warga disekitar pun tidak mengizinkan area lahannya untuk dibuat saluran air.

“Jadi kita ini bingung, kira-kira solusinya seperti apa supaya kedepannya tidak terjadi banjir,” ujarnya.

Ia berharap, pemerintah bisa mencarikan solusi serta melakukan pendekatan kepada warga, sekitar agar mengizinkan lahannya untuk dijadikan solusi mengatasi banjir, dalam hal ini untuk dibuat salurah air.

"Kalau dibiarkan begitu terus, tentu semakin lama semakin banyak bangunan, yang nantinya tidak ada ruang untuk pembuatan parit," katanya.

Instansi terkait diminta memantau langsung di lapangan agar dapat mengetahui sekaligus mengambil langkah terbaik untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di belakang SMA Negeri 1.


“Instansi terkait yang harus turun langsung, supaya tahu kondisi di lapangan seperti apa,” harapnya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment