SMANSA Mimika Unjuk Karya Sambut Sumpah Pemuda

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu (28/10) mendatang, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Mimika mengadakan beberapa lomba di halaman depan Aula SMAN 1 Mimika. Kegiatan tersebut dimulai sejak Rabu (25/10) hingga Sabtu mendatang (28/10).

Soro Bato’Sau selaku Kepala SMAN 1 Mimika mengatakan, para pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus mengetahui sejarah perjuangan tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia dan menampilkan jiwa nasionalisme.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati sumpah pemuda. Kami sudah menuangkan ini dalam kurikulum untuk mengadakan berbagai kegiatan nasional,” katanya saat ditemui Salam Papua di sela-sela kegiatan itu berlangsung.

Menurut dia, banyaknya pemuda yang cenderung mengikuti perkembangan zaman, membuat sebagian dari generasi penerus bangsa melupakan perjuangan para tokoh kemerdekaan.

“Sekarang banyak yang lupa perjuangan pemuda-pemudi zaman dulu. Jadi kami mengadakan unjuk bakat ini untuk menumbuhkan karakter kebangsaan anak-anak. Supaya mereka lebih cinta budaya sendiri jangan budaya luar,” ujarnya.

Soro mengungkapkan, para pelajar tetap bersemangat masuk sekolah meski proses belajar dan mengajar (KBM) di sekolah itu ditiadakan lantaran kegiatan tersebut.

“Mereka semangat dengan kegiatan seperti ini. Dengan begitu mereka akan terbiasa lebih mencintai dan menyukai budaya Indonesia. Semua siswa tetap masuk walau mereka tahu tidak ada proses pembelajaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala bagian kesiswaan, Kasdi mengatakan, kegiatan tersebut mengangkat tema “SMAN 1 Mimika sebagai sekolah rujukan, Tunjukan Karya, Kobarkan Semangatmu, Raih Prestasi untuk Indonesia raya.” Kegiatan yang diwujudkan dalam lomba antar kelas tersebut, menghadirkan lomba seperti tarian nusantara, paduan suara, karaoke dan lomba kebersihan.

“Setiap kelas mengirim perwakilannya untuk ikut lomba yang diadakan. Seperti lomba tarian nusantara, paduan suara dan karaoke, lomba kebersihan,” katanya.

Kasdi menambahkan, setiap juara akan mendapatkan hadiah jutaan rupiah dan piala bergilir bagi juara umum. Sedangkan anggaran tersebut diambil dari dana BOS yang disetujui oleh Kepala Sekolah.


“Kita diberikan dana BOS oleh Kepsek sebesar Rp.20 Juta yang nantinya akan dibagi kepada setiap juara tingkat kelas X, XI dan XII. Untuk juara umum diberikan hadiah piala bergilir dan uang tunai,” tambahnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment