Tiga Jurus Kadispendasbud untuk Guru SD Timika

Bagikan Bagikan
Jeni O. Usmani
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan (Dispendasbud) Kabupaten Mimika, Jeni O. Usmani secara tegas menyampaikan tiga poin yang harus diperhatikan dan dijalankan oleh semua Kepala Sekolah tingkat SD. Pernyataan tersebut disampaikan langsung saat melakukan pertemuan dengan para Kepala Sekolah SD di ruang SD Inpres Kwamki II Timika, Rabu (18/10).

Tiga poin yang dimaksud adalah pertama, Dispendasbud sedang melakukan pemetaan dan pendataan di sekolah-sekolah negeri. Kedua, di sekolah negeri guru yang diangkat sebagai guru honor itu harus benar-benar memenuhi kriteria keguruan linear dengan bidang keilmuwan di SD. Dan ketiga, sekolah dan guru harus benar-benar disinkronkan dengan realisasi data. Artinya data harus real antara di lapangan dengan yang ada di Data Pokok Pendidikan Indonesia (Dapodik).

“Guru PNS harus dipastikan bahwa mereka mendapat kelas sesuai dasar keilmuwan. Artinya, guru kelas harus betul-betul seorang guru kelas, bukan guru bidang studi seperti guru Agama. Karena guru Agama itu adalah guru bidang studi,” tegas Jeni.

Dia mengatakan, setiap Kepala Sekolah SD harus memperhatikan dan memastikan keberadaan guru di sekolahnya masing-masing. Penempatan tugas masing-masing guru harus sesuai dengan bidang keahliannya yang linear. Dia mengaku, dalam waktu dekat dinas terkait akan turun langsung memeriksa keberadaan guru di masing-masing sekolah.

“Kepala Sekolah harus memastikan semua guru PNS kerja sesuai dengan tanggung jawabnya. Dalam waktu dekat, masing-masing bidang akan turun lapangan untuk mendata langsung di sekolah,” kata Jeni.

Kedatangan petugas Dispendasbud ke sekolah-sekolah, selain mendata juga melihat bangunan dan kebutuhan lain di sekolah. (Red)





Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment