Verifikasi Data Calon Independen Libatkan Dispencapil

Bagikan Bagikan




SAPA (TIMIKA) -  Mengantisipasi adanya kesalahan atau kesengajaan dalam memalsukan data calon perseorangan atau independen dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2018 mendatang, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapil) Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif mengharapkan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika harus melibatkan Dispencapil dalam proses verifikasi data para calon independen tersebut.

“Salah satu cara untuk menghindari KTP ilegal itu harus ada beberapa staff saya ikut hadir verifikasi di KPUD. Karena kalau NIK dari salah satu calon yang tidak sesuai maka langsung dinyatakan gugur. Kami harapkan kami dilibatkan dalam verifikasi ini,” harapnya.

Dikatakannya untuk mengantisipasi adanya pembuatan KTP- e ilegal baik yang dilakukan calon pemilih tetap yang langsung berhubungan ke Dispencapil sudah dilakukan pertemuan berkali-kali bersama seluruh pegawai Dispencapil.

Dia menilai bukan hal yang tidak mungkin terjadi adanya penyelundupan kepengurusan untuk memperganda jumlah pemilih dalam ajang Pilkada kelak. Dengan demikian, ia telah menyampaikan kepada seluruh pegawai Dispencapil agar lebih mengutamakan keselamatan diri.

“Yah kalau ada pegawai saya yang kerja sama dalam memalsukan atau membuat KTP ilegal, maka resiko akan ditanggungnya sendiri. Kasihan kalau kita akan kehilangan pekerjaan seumur hidup hanya untuk mendukung oknum tertentu,” katanya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment