10 PSK Lansia KM 10 Dipensiunkan

Bagikan Bagikan
Ilustrasi photo: PSK tua dipulangkan
SAPA (TIMIKA) -  Diperkirakan sebanyak  10 lebih Pelayan Seks Komersial  (PSK) di lokalisasi Kilo Meter (KM) 10, Kampung Kadun Jaya, Distrik Mimika Timur akan segera disortir untuk dipensiunkan. 10 lebih PSK yang telah berusia lebih dari 40 tahun  ini dipensiunkan dengan alasan telah lanjut usia (lansia).

“Sekarang yang sudah lansia itu sekitar sepuluh lebih. Namun mereka masih melayani tamu. kita sudah agendakan untuk sortir semua yang sudah lansia. Mereka itu sudah berusia 40 sampai 50 lebih,” kata Ketua Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) Kampung Kadun Jaya, KM 10, Rahim ketika ditemui Salam Papua di Hotel Horizon Ultima, Kamis (23/11).

Mensortir PSK lansia sudah diagendakan hampir setiap tahun. Pada masa jabatan Wakil Bupati, H. Abdul Muis sudah pernah dilakukan dan diberikan modal usaha kepada seluruh yang dipensiunkan. Akan tetapi untuk penyortiran tahun ini diakuinya, masih belum bisa dipastikan untuk pemberian bantuan.

“Memang waktu 2016 itu setelah dikasih modal, mereka ada yang berjuang dengan usaha sendiri dan ada yang masih melakukan pelayanan secara selubung. Padahal yang usia tua itu sudah bau tanah,” ujarnya.

Dia mengatakan, jumlah PSK di KM 10 saat ini kurang lebih 250. Dari jumlah tersebut telah didata di balai kampung dan tidak diizinkan untuk beroperasi di luar lokalisasi seperti, timung, bar atau tempat lainnya.

Menurutnya, masuknya PSK di KM 10 bukan berdasarkan pemaksaan atau melalui perdagangan perempuan, namun murni atas keinginan masing-masing. Seluruh PSK tersebut akan melalui interview  untuk menanyakan kesediaan, cek kesehatan dan yang lainnya.

Rahim akui, selain mengagendakan sortir PSK lansia, juga diagendakan agar lokalisasi KM 10 menjadi kampung bebas narkoba.

“Saat ini kan sudah ditangkap pengedar somadril dan itu menjadi acuhan. Nanti kami akan menekan seluruh warga lokalisasi itu untuk bebas narkoba. Nanti akan diresmikan sebagai kampung bebas narkoba,” katanya. (Acik)


Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment