Anggota Dewan Kawal Hasil Kerja SKPD di Tiga Lokasi

Bagikan Bagikan

Anggota DPRD Kab. Mimika Komisi A, Markus Timang

SAPA (TIMIKA) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika memantau dan mengawal sejauh mana hasil kemajuan pelaksanaan program kegiatan pembangunan yang dibiayai tahun anggaran 2016 dan 2017 dari setiap Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di tiga lokasi.

"Kita akan melihat pembangunan yang sudah berjalan di tiga lokasi tersebut. Ini penting dilakukan sebelum pembahasan  APBD induk nantinya. Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari saja," kata anggota DPRD Mimika Komisi A, Markus Timang kepada wartawan di Kantor DPRD Mimika jalan Cenderawasih Kamis (16/11).

Dia menyebutkan, kunjungan kerja itu akan dilakukan di tiga lokasi berbeda yaitu Kampung Mapurujaya,Tipuka  di Distrik Mimika Timur  dan Kampung  Ayuka di Distrik Mimika Timur Jauh). Di tiga lokasi tersebut, anggota DPRD akan melihat capaian pembangunan yang dilakukan SKPD Kabupaten Mimika.

Dikatakannya,  kegiatan itu dilakukan anggota DPRD merupakan agenda yang sudah ditetapkan dalam program kerja DPRD. DPRD mempunyai fungsi melakukan pengawasan itu sudah melekat. Sehingga perlu diawasi karena pembangunan menggunakan APBD.

"Kita lakukan ini ingin melihat sejauh mana hasil pekerjaan-pekerjaan SKPD-SKPD untuk masyarakat. Karena anggota DPRD mempunyai fungsi pengawasan dalam hal ini," ujarnya.

Menurutnya, untuk anggaran yang dikerjakan ditahun 2016 dan 2017 itu DPRD belum mengetahui hasil perkembangannya. Karena saat itu pembahasan anggaran dilakukan melalui Peraturan Bupati (Perbub) dan tanpa melibatkan DPRD. DPRD terlibat pada saat pembahasan anggaran perubahan tahun 2017.

"Kami lakukan ini karena kami serius ingin melihat daerah ini,  baik dari pedalaman, pesisir maupun kota di segala bidang demi kemakmuran rakyat itu terwujud. Tujuan kunjungan inilah apakah sudah terwujud dengan visi, misi bupati atau belum," katanya.

Dia mengaku apabila pada saat Kunker itu nanti ditemukan keluhan masyarakat terkait jalannya pembangunan.  Maka, anggota DPRD  akan membahasnya bersama dengan SKPD terkait. Tidak hanya itu, apabila ada kekurangan dan membutuhkan anggaran, DPRD akan pertimbangkan. Sejauh pembangunan yang kurang itu untuk kepentingan masyarakat.

"Anggaran untuk tahun depan itu akan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Jadi kalau ada SKPD yang mengajukan program tidak pro kepada masyarakat maka  anggota dewan akan coret," ujarnya. (Tomy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment