APBD Induk 2018 Segera Dibahas

Bagikan Bagikan


Anggota DPRD Mimika, Yohanes Wantik
SAPA (TIMIKA) – Salah satu  anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten  Mimika Yohanes Wantik mengajak semua anggota DPRD Mimika dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Mimika segera membahas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) induk tahun 2018. 

Ajakan itu terkait siklus anggaran sesuai tahun anggaran dan mengingat agenda politik  Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018.

"Siklus anggaran harus sesuai tahun anggaran berjalan. Apalagi, agenda politik Pilkada akan diselenggarakan serentak 2018. Dua agenda itu dalam pelaksanaannya membutuhkan anggaran. Kalau pembahasan APBD terlaksana cepat. Maka, kebutuhan dana untuk Pilkada bisa terakomodir sesuai   dengan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)," katanya kepada Salam Papua di Gedung DPRD Jalan Cenderawasih, Rabu (29/11).

Anggaran pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mimika sudah disepakati bersama melalui penandatanganan NPHD berjumlah Rp 56 milyar.

Pemda Mimika baru menyerahkan sebesar Rp 9 milyar. Dana sebesar itu dikuatirkan kalau terjadi penundaan pembahasan APBD akan berdampak pada pelaksanaan Pilkada di Timika.

"Kita DPRD dan Pemda jangan menunda nunda lagi pembahasan APBD. Nanti akan berdampak pada pelaksanaan Pilkada Mimika yang sudah dekat. KPU Mimika sebagai penyelenggara pasti membutuhkan dana untuk itu," ujarnya.

Menyinggung soal eksekutif belum memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati tahun anggaran 2016 dan 2017, dia menjelaskan, terkait masalah tersebut DPRD bisa  membahasnya nanti secara marathon.

Yang terpenting, saat ini, DPRD dan Pemda sepakat terlebih dahalu membahas APBD induk tahun 2018.

"Soal LKPJn  DPRD dapat bekerja secara marathon. Nantinya DPRD bisa sekalian membahas LKPJ Bupati. Yang penting dokumenya sudah diajukan eksekutif ke legislatif. Sehingga pembahasan dapat dilakukan secepatnya. Yang berada di depan mata saat ini, pelaksanaan Pilkada serentak, termasuk Pilkada Mimika harus berjalan sesuai jadwal yang dibuat KPU pusat," katanya.

Dia mengaku anggota DPRD sudah siap melakukan pembahasan. Bagian komisi sudah siap menyerahkan berkas ke baggar anggaran. Anggota DPRD telah melakukan reses sehingga sudah tahu apa yang akan disampaikan dalam pembahasan nantinya.

"Kalau menunda pembahasan anggaran akan terganggu nanti proses Pilakada yang sudah disiapkan oleh KPU.  Bagi anggota DPRD sudah siap membahas anggaran APBD 2018," katanya. (Tomy)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment