Bangunan Sekolah di Distrik Agimuga Memprihatinkan

Bagikan Bagikan


Kepala Distrik Agimuga, Yulius Katagame

SAPA (TIMIKA) - Bangunan sekolah yang ada di Distrik Agimuga sangat memprihatinkan. Sejumlah ruangan mengalami rusak berat dan perlu dibangun kembali. Dampak dari kondisi itu, proses belajar mengajar di Distrik Agimuga hanya berjalan sekitar 60 persen.

Proses pendidikan di Agimuga berjalan sekitar 60 persen. Saya melakukan monitoring di beberapa sekolah mulai dari Afakupu sampai ke Aramsolki, banyak persoalan yang terjadi. Hal ini perlu menjadi perhatian dari Pemerintah Kabupaten Mimika,” kata Kepala Distrik Agimuga Yulius Katagame kepada Salam Papua di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Senin (20/11).

Dijelaskan, persoalan pendidikan di Distrik Agimuga sangat kompleks dan membutuhkan penanganan yang serius. Masalah yang terjadi di seoklah dasar (SD), guru ada tapi tidak ada siswanya. Atau sebaliknya ada siswa tapi tidak ada gurunya.

“Hal inilah yang menjadi persoalan. Tenaga pengajar ada yang tidak berada di tempat tugas. Bahkan disaat ada tenaga pengajar, siswanya tidak masuk. Jadi persoalannya sangat rumit,” ujarnya.

Menjawab media ini soal proses belajar mengajar di SMP di Agimuga kata Yulius bangunan sekolah sangat memprihatinkan. Ruang perpustakaan sudah sangat tidak layak digunakan. Demikian juga dengan ruang aula. Sejumlah dinding pembatas sudah jebol dan tidak terawat. Plafon di setiap ruangan sudah jebol dan bocor. Bangunan sekolahnya semua dari kayu pada lapuk dan rapuh.  Anak-anak yang sedang menjalani proses belajar mengajar sangat terganggu. Sekolah tersebut membutuhkan renovasi besar-besaran.

“Perlu ada renovasi. Ada beberapa ruangan kelas yang rusak berat. Oleh sebab itu  perlu dibangun kembali. Walaupun kondisi sekolah seperti itu, proses belajar mengajar masih tetap berjalan,” katanya.

 Yulius berharap Pemkab Mimika dapat memperhatikan kondisi pendidikan di Distrik Agimuga. Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah dalam bidang pendidikan terutama di Distrik Agimuga. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment