BAZNAS Bantu Bama Bagi Para Pengungsi

Bagikan Bagikan


BAZNAS Kab. Mimika memberi bantuan kepada pengungsi
SAPA (TIMIKA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Mimika, memberikan bantuan bahan makanan kepada para pengungsi yang berada di Graha Eme Neme Yauware. Rabu (22/11) kemarin.

"Jadi pemberian bantuan ini merupakan kerjasama yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Mimika dengan Baznas Provinsi Papua,"  kata  BAZNAS Kabupaten Mimika, Umar Habib.

Pemberian bantuan bahan makanan dan logistik ini merupakan sebuah kerjasama antara Baznas Provinsi Papua dengan Baznas Kabupaten Mimika. "Jadi pemberian bantuan ini merupakan kerjasama yang dilaksanakan oleh Baznas Kabupaten Mimika dengan Baznas Provinsi Papua," katanya.

Dia menjelaskan, bantuan bahan makanan yang diberikan berupa petatas, dengan total nilai pembelian Rp 1.000.000 ditambah dengan 11 Karton Indomie, 10 Kg Gula, 3 renteng Kopi, Beras 6 Karung dan teh.

"Kami memberikan bantuan bahan makanan berupa petatas, singkong, dan ubi, karena sebelumnya kami sudah tanya, dan bahan inilah yang paling dibutuhkan warga saat ini," ujarnya.

Kegiatan ini sendiri memang merupakan sebuah program yang dimiliki oleh BAZNAS, yakni program tanggap darurat, yang memang berfungsi untuk memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan, tidak memandang apapun pula.

" Kita tidak melihat orang atau suku serta agama, jadi siapapun akan kami bantu," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meringankan para pengungsi yang sedang mengalami musibah. Kemudian ia memaparkan pula, BAZNAS juga memiliki tim khusus yang nantinya apapbila terjadi bencana alam siap menurunkan relawan untuk membantu, tetapi karena kejadian evakuasi ini bukan bencana alam sehingga bantuan yg diberikan hanya berupa bahan makanan.

Dia mengaku pemberian bantuan itu sudah berkoordinasi dengan BAZNAS pusat atau Nasional, untuk memeberikan bantuan berupa dana, yang nantinya akan dibelikan bahan pokok untuk kembali disalurkan kepada para pengungsi. Kendati demikian, kata Habib, dirinya belum mwngetahui kapan kemungkinan bantuan akan disalurkan dan berapa jumlah dana yang diberikan oleh BAZNAS pusat. Selain memberikan bantuan BAZNAS pusat pun rencananya akan mengirimkan satu pimpinanya untuk memberikan langsung kepada pemerintah daerah Kabupaten Mimika.

" Jadi kita sudah kordinasi dengan BAZNAS pusat juga, dan akan memberikan bantuan berupa dana yang nanti akan kita belanjakan bahan pokok, kemudian penyerahan akan ada satu wakil BAZNAS pusat yang datang, tapi belum tahu kapan," kata Habib

Selain memberikan bantuan kepada para pengungsi ini, sebelumnya BAZNAS juga memberikan bantuan serupa kepada para pengungsi yang berasal dari Jawa, yang ditampung di Sekretariat Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB), yakni berupa, sembako, susu, mi Instant, gula, dan sarden. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment