BNNP Musnahkan Barang Bukti Narkotika

Bagikan Bagikan

Pemusnahan barang bukti sabu dan ganja.


SAPA (TIMIKA) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Papua bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika, Kamis (9/11), memusnahkan barang bukti narkotika golongan I jenis sabu seberat 42 gram dan ganja seberat 530 gram. Pemusnahan ini berlangsung dikantor BNNK Mimika, Jalan Cenderawasih.

Acara pemusnahan tersebut dihadiri Kepala BNNP Papua Brigjen Pol Drs. Bambang Budi Santoso, Sekda Mimika Ausilius You, S.Pd., MM., MH, Kepala BNNK Mimika Sarifuddin, SKM., M.Kes, Kabid Pemberantasan BNNP Papua AKBP Muh. Safei AB, SE, Kasie Pemberantasan BNNK Mimika Kompol Mursaling, SH  dan perwakilan dari Kejari Timika bersama Kasat Reserse Narkoba (Reskoba) Polres Mimika, Iptu Laurentius Kordiali.

Pantauan Salam Papua, sebelum dilakukan pemusnahan, barang bukti diperlihatkan kepada tamu dan beserta awak media yang hadir dalam acara ini. Selanjutnya petugas menyiapkan air yang dipanaskan menggunakan kompor untuk memusnahkan sabu dan membuat tungku untuk membakar ganja.

Sebanyak 42 gram sabu yang dikemas dalam satu paket plastik besar dan 530 gram ganja yang dikemas dalam empat paket yang terdiri dari, 1 bungkus plastik kecil berisikan ganja, 1 bungkus rokok anggur kupu, 1 bungkus plastik klip bening ukuran kecil serta 1 buah dompet berwarna coklat.
Sekda dalam arahannya menyampaikan, narkoba masuk hingga ke kampung-kampung membuat masyarakat yang tadinya tidak tahu akhirnya menjadi tahu bagaimana cara menggunakan barang haram ini. Hal tersebut, kata Sekda, merupakan tanggung jawab bersama para pihak untuk mencegah selanjutnya memberantasnya.

Semua pihak diminta meninggalkan ego dan malas tahu, serta menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama dengan tujuan untuk memberantas narkoba.

“Buang sifat ego dan malas tahu dan bersama-sama bersatu untuk memberantas narkoba,” kata Sekda You.

Sebelum menyatukan komitmen untuk memberantas narkoba, juga perlu untuk melihat diri sendiri barulah melihat orang lain yang merupakan saudara kita.

Dengan cara melakukan sosialisasi di semua kalangan, bahwasannya narkoba hanya memberi kenikmatan sesaat, tetapi menghancurkan seumur hidup. Bahkan bisa mengakibatkan meninggal karena ketergantungan dan over dosis. Oleh sebab itu, Sekda meminta ada komitmen dari semua para pihak mencegah dan memberantas narkoba.

“Karena narkoba ini akan menghancurkan generasi muda kita, jadi, saya ajak kita semua yang ada di sini untuk bersama memberantas narkoba,” ajak Sekda.

Sementara itu Kepala BNNP Papua didalam arahannya mengatakan, Mimika saat ini darurat narkoba. Oleh sebab itu, ia meminta seluruh masyarakat Mimika agar tidak bermain-main dengan barang haram tersebut serta mengajak semua bergandeng tangan dan meninggalkan ego sektoral untuk bersama-sama memerangi narkoba di Mimika.

“Benar apa yang dikatakan pak Sekda, bahwa mari kita bergandeng tangan dan tinggalkan ego sektoral,” ajaknya. (Ricky Lodar)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment