Bulan Depan KM Laut Maluku Akan Diledakkan

Bagikan Bagikan

KM Laut Maluku yang akan di ledakkan


SAPA (TIMIKA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Timika akhirnya mendapat kepastian terkait waktu peledakan KM Laut Maluku setelah menerima surat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. Kapal tersebut akan diledakkan pada pertengahan Desember 2017 mendatang karena tertangkap mencuri ikan diperairan Timika.

"Yang jelas pelaksanaannya pada pertengahan Desember nanti, bersamaan dengan peledakan satu kapal di Merauke. Tapi tanggal persis pelaksanaanya belum ada," kata Kepala Kejaksaan Negeri Timika, Alex Sumarna SH MH saat dikonfirmasi wartawan Salam Papua, Rabu (8/11).

Ia menjelaskan, peledakan kapal tersebut akan melibatkan Pangkalan Angkatan Laut Timika dan Polairud Polres Mimika sebagai instansi teknis. Namun eksekutor peledakan KM Laut Maluku tetap Kejari Timika.

“Untuk peledakan, kami akan undang dari TNI dan Polri,” jelasnya.

KM Laut Maluku tertangkap dalam operasi kepolisian di kawasan perairan Mimika pada 2014 lalu. Kapal tersebut terbukti secara sah melakukan tindak pencurian ikan di perairan Indonesia.

Proses hukum kapal tersebut bahkan sampai ke tingkat kasasi Mahkamah Agung yang dalam putusannya memerintahkan agar KM Laut Maluku disita oleh negara untuk dimusnahkan.

“Mereka terbukti mencuri ikan diperairan Mimika,” tegasnya.
Informasi yang dihimpun, KM Laut Maluku saat ini masih ditahan di Pelabuhan Sungai Wania, samping Kampung Cenderawasih, Distrik Mimika Timur. (Ricky Lodar)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment