Bulog Timika Masih Salurkan Rastra Pada 2018

Bagikan Bagikan

Kepala Kantor Seksi Logistik Timika, Winarni

SAPA (TIMIKA) - Kantor Seksi Logistik (Bulog) Timika, Papua memastikan masih terus menyalurkan beras program untuk masyarakat prasejahtera (rastra) pada 2018.

Kepala Kantor Seksi Logistik Timika Winarni di Timika, Jumat (10/11), mengatakan sesuai hasil rapat evaluasi jajaran Bulog se Papua yang berlangsung di Kantor Divisi Regional (Divre) Jayapura belum lama ini, diputuskan hanya ada dua daerah tidak lagi menyalurkan rastra pada 2018 yaitu Kota Jayapura dan Kota Sorong.

Masyarakat prasejahtera di dua kota itu yang selama ini menerima alokasi rastra sebanyak 15 kilogram per bulan per Rumah Tangga Sasaran/RTS akan dialihkan menjadi penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT).

"Untuk daerah lain di luar Kota Jayapura dan Kota Sorong, termasuk Kabupaten Mimika masih menerima alokasi rastra pada 2018," jelas Winarni.

Meski demikian, Winarni belum mengetahui apakah penerima manfaat program rastra di Mimika dan Kabupaten Puncak yang disalurkan melalui Kantor Bulog Timika nantinya akan tetap sama jumlahnya atau semakin berkurang.

"SK Pagu alokasi rastra 2018 untuk Kabupaten Mimika dan Kabupaten Puncak belum ada. Kami tidak tahu apakah nanti penerima manfaat jumlahnya masih tetap sama atau malah berkurang. Idealnya penerima manfaat berkurang jumlahnya dari tahun ke tahun. Yang jelas data itu mengacu pada pendataan yang dilakukan oleh BPS maupun Dinas Sosial," jelas Winarni.

Sesuai SK Gubernur Papua tentang Penetapan Pagu Alokasi Rastra 2017, Kabupaten Mimika menerima rastra sebanyak 309.090 kilogram, sedangkan Kabupaten Puncak menerima alokasi rastra sebanyak 106.620 kilogram.

Adapun jumlah penerima manfaat rastra di Kabupaten Mimika atau Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 20.606 RTS, sedangkan penerima manfaat rastra di Kabupaten Puncak sebanyak 7.108 RTS.

Jika dibandingkan dengan data pada 2016, total alokasi rastra dan jumlah penerima manfaat rastra di Mimika dan Puncak tahun ini mengalami penurunan. (Ant)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment