Bupati : Dana Desa Punya Masyarakat

Bagikan Bagikan

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dalam kegiatan penyerahan dana stimulasi (Dana Ombas) di Kelurahan Kuala Kencana.


SAPA (TIMIKA) - Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, meminta agar dana desa (DD) harus tersentuh masyarakat. Hal ini disampaikan dalam sambutan kegiatan penyerahan dana stimulasi (Dana Ombas) di Kelurahan Kuala Kencana, Rabu (01/11).

“Ternyata masyarakat kampung tidak merasakan DD yang bernilai miliaran rupiah, yakni 1,2 miliar yang disalurkan kepada desa atau kampung,” katanya.

Menurut dia, masih saja terdapat kepala-kepala kampung/desa menyalahgunakan dana desa yang seharusnya milik bersama masyarakat untuk membangun kampung/desa.

“Jangan ada permainan dalam penggunaan DD ini. Jika kedapatan betul masih ada kepala kampung yang seperti itu, akan di tindak lanjuti. Karena ini untuk kepentingan masyarakat umum dan kedepannya dana desa akan naik menjadi 2 miliar,” ujarnya.

Lanjut bupati, memang sangat diperlukan adanya program di kampung/desa, hal itu agar manfaat dari dana desa yang ada dapat dirasakan dalam bentuk pembangunan oleh seluruh masyarakat di kampung/desa.

"Ciptakan program tidak selamanya kebijakan dari pemerintah, tetapi bagaimana caranya kepala kampung atau kelurahan harus dapat menciptakan program baru, yang mana dapat menciptakan uang. Hal-hal kecil seperti inilah dapat menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dalam kampung maupun kelurahan masing-masing,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Mimika Timur, Marike H. Warinussy yang juga mengikuti kegiatan ini mengaku, pihaknya selalu melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa di Distrik Mimika Timur.

“Saya selalu memonitoring hal tersebut, karena dana desa merupakan kegiatan pemerintahan, dan saya harapkan apa yang menjadi bagian dari pada pemerintah dapat menyentuh masyarakat,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment