Bupati Ikuti REDS III di California

Bagikan Bagikan


Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH mengikuti   kegiatan REDS lll
“ Kami mengikuti kegiatan ini sudah mendapatkan ijin Rekomendasi dari Bpk Gubernur Prov Papua dan Dirjen Otda Kemendagri Rl. Jadi ini sangat penting diikuti untuk kemajuan bersama,”

SAPA (TIMIKA) – Bupati Kabupaten Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH mengikuti   kegiatan Regional Economic Development Strategy (REDS) lll yang  merupakan program kerjasama antara University of California lrvine dengan INADATA Consulting. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari REDS I dan II dan diikuti oleh beberapa unsur Pemerintah Kabupaten, Kabupaten  Kota serta DPRD dari berbagai daerah Kabupaten /Kota se  lndonesia.

Bupati Eltinus  mengemukakan bahwa dalam membangun daerah  perlu "one vision, one team and one voice" sinergi  yg baik lintas sektor dan instansi mutlak diperlukan. Hal ini sejalan dengan semangat eme neme yauware.

“Kami mengikuti kegiatan ini sudah mendapatkan ijin Rekomendasi dari Bpk Gubernur Provinsi Papua dan Dirjen Otda Kemendagri Rl. Jadi ini sangat penting diikuti untuk kemajuan bersama,” ungkapnya.

Sedangkan Presiden INADATA Consulting Elwin Tobing, Ph.D sekaligus sebagai profesor ekonomi di California State University Fullerton mengatakan, tema umum Program REDS menekankan sinergi pemerintah daerah, pendidikan tinggi dan pelaku bisnis dalam mempromosikan kemitraan publik dan swasta untuk memajukan pembangunan daerah melalui contoh di California dan Amerika Serikat sebagai patokan.

REDS III berfokus pada pengembangan tenaga kerja dan sumber daya manusia di California. Dengan demikian, pertemuan kelas dan UCl serta kunjungan lapangan ditujukan untuk memberi para peserta pengetahuan, pemahaman dan pengalaman mengenai fokus yang telah disebutkan di atas.

Kegiatan yang  di University of California lrvine ini, berlangsung dari  Tanggal 11-21 November 2017. Selain Bupati, kegiatan ini juga diikuti  beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dan beberapa Anggota DPRD.

Ketua Fraksi Bulan Bintang DPRD Mimika Gerson lmbir yang juga  mengikuti kegiatan ini mengatakan,  REDS III sangat positif karena kita langsung mendapatkan ilmu dari para Akademisi yang sangat kompeten serta professional university of California lrvine. Dengan demikian bisa mengetahui  bagaimana membangun kemitraan antara Pemda dan DPRD, serta para pelaku dunia usaha dan pendidikan tinggi.

Selain itu menurut Gerson, juga sebagai pembanding bagaimana keberpihakan Pemerintah dalam memajukan masyarakat Papua dalam semangat Otsus tentunya. Sehingga masyarakat Papua bisa semakin maju dan sejahtera.

“Ini merupakan salah satu kegiatan sebagai upaya untuk lebih mematangkan kinerja kita di daerah. Ini sangat positif sekali dan bermanfaat besar,” tutur Gerson.

Sedangkan Ketua Komisi B DPRD Mimika Viktor Kabei mengatakan, program ini sangat bagus. Sebab bisa membuka agar  bagaimana kita bersama menjalankan pemerintahan dengan baik dimana Bupati dan DPRD adalah mitra sejajar dan saling ketergantungan.

“Keberangkatan ini adalah resmi dan telah ada ijin dari Gubernur dan Kemendagri.  Untuk itu agar dipahami dengan baik. Kita ikuti ini ada keterwakilan dari eksekutif dan legislatif," katanya. (***)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment