Diiringi Ratusan Massa Petraled Serahkan Dokumen ke KPUD

Bagikan Bagikan
Petrus Yanwarin dan Alpius Edowai resmi menyerahkan Dokumen perseorangan
SAPA (TIMIKA) -   Diiringi ratusan massa, pasangan Bakal Calon Bupati (Balon) Petrus Yanwarin dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Alpius Edowai (Petraled) resmi menyerahkan dokumen persyaratan calon perseorangan ke KPUD Mimika di Jalan Yos Sudarso, Rabu (29/11) untuk mengikuti Pilkada serentak tahun 2018 di Kabupaten Mimika. Pasangan Balon Bupati dan Cawabup Petraled  diterima Komisioner KPU divisi teknis, Derek Mote beserta operator dari KPU Kabupaten Mimika.

Ketua tim kerja, Erich Welafubun mengaku  pengumpulan KTP sebagai prasyarat maju melalui jalur perseorangan cukup sulit dalam melaksanakan sistem baru yakni Sistem Informasi Calon (Silon). Karena sosialisai atau Bimbingan Teknis (Bimtek) yang dilaksanakan KPU Mimika sangat singkat.

Sehingga tim kerja pasangan Petraled agak  bingung,  karena belum mengerti terlalu banyak soal sistem tersebut. Dia meminta, KPU Kabupaten Mimika mengadakan Bimtek tidak hanya satu hari dan sebaiknya menjadwalkan kegiatan tidak terlalu mepet dengan deadline.

Menyikapi hal itu, komisioner KPU Derek Mote, mengatakan, meminta maaf, terkait dengan lambat dan mepetnya tahapan Pemilu, hal ini dikarenakan memang NPHD terlambat. Kemudian terkait dengan Bimtek Silon yang dilaksanakan, Derek mengakui kalau hal itu juga sangat mepet karena harus mengejar jadwal tahapan.

Meski demikian penyerahan persyaratan calon perseorangan ini, Balon dan Cawabup harus memenuhi syarat 10 persen dari DPT Mimika sebanyak 222.721  atau  sebanyak 22.270 KTP yang menyatakan dukungan. Kemudian pihak Balon harus menyiapkan sebanyak 3 dokumen, 1 dokumen asli untuk KPU, 1 Dokumen untuk PPS serta 1 Dokumen untuk Balon sendiri.

Dan  data yang sudah diserahkan ini nanti dilakukan pemeriksaan berkas atau pencocokan secara online dalam sistem Silon, bukan lagi secara manual. Sehingga tidak ada kecurangan yang terjadi.

Dia menjelaskan, setelah tahapan penyerahan dan lolos, maka akan dilakukan penelitian berkas, meneliti dukungan yang ganda  dan dilanjutkan dengan  penelitian faktual oleh PPS.

Sebelum menyerahkan berkasnya, Petrus Yanwarin mengatakan, pihaknya telah memenuhi seluruh persayaratan sesuai dengan Undang-Undang Pilkada dari jalur perseorangan sebanyak 22.273 dukungan.

Sementara, Alpius Edowai, mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung calon pasangan ini sehingga bisa memenuhi persyaratan sebagai Calon Perseorangan. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment