Dinsos Kewalahan Dana Bantu Warga Banti

Bagikan Bagikan
Petrus Yumte
SAPA (TIMIKA) – Terkait bantuan untuk warga Banti, Distrik Tembagapura yang disampaikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng beru-baru ini, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika Petrus Yumte mengatakan bahwa, Dinsos kini sedang mengalami kewalahan soal dana.

"Untuk di Banti, yang bencana lalu kami sudah bantu. Jadi kami punya dana memang terbatas, karena tahun ini kita sudah bantu ke Tembagapura waktu bencana longsor lalu ada beberapa titik seperti di Iwaka dan lain-lain,” kata Yumte saat ditanya di salah satu hotel di bilangan Jalan Yos Sudarso, Selasa (31/10).

Meski demikian, Bupati Mimika sebelumnya telah mengambil langkah melalui rapat yang digelar pada Senin (30/10) bersama setiap SKPD, untuk mengumpulkan sumbangan guna membantu warga yang ada di Kampung Banti.

“Untuk bantuan ke Kampung Banti kami kewalahan dana, tapi sudah ada langkah yang diambil oleh Bupati untuk bantu masyarakat berupa bama (Bahan makanan),” ujarnya.

Jika bantuan bencana, kata Yumte, ada tiga instansi yang menanganinya, yakni Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinsos sendiri. Sementara untuk bencana seperti kebakaran, itu ditanggulangi oleh Dinsos dan juga BPBD. Tetapi untuk konflik, Bakesbangpol pun turut andil didalamnya.


"Tinggal di lihat bencananya, karena ada tiga dinas yang urus. Sehingga selama ini kami selalu berkoordinasi dan bekerjasama untuk melayani masyarakat,” katanya. (Albin)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

1 komentar:

  1. Di mana rasa nasionalisme dari mahasiswa di timika apa fungsi BEM dan Apa funsi ormas2 ayo jalankan aksi minta suadaya dari masyarakat timika untuk saudara2 kita yang kampung banti

    ReplyDelete