Diskopertif Dorong Daya Saing Industri Kuliner Mimika

Bagikan Bagikan

Cherly Lumenta

SAPA (TIMIKA) – Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif (Diskopertif) Kabupaten Mimika terus mendorong daya saing dan integritas bagi seluruh pelaku usaha di bidang industri Kuliner se Mimika. Upaya dalam meningkatakan daya saing  ini dilakukan dengan cara menggelar Expo Kuliner yang melibatkan puluhan pelaku usaha industri kuliner dengan memamerkan berbagai olahan makanan khas lokal juga nasional di halaman Gelael dan akan dilaksanakan selama tiga hari dimulai Selasa (7/11) hingga, Kamis (9/11).

“Kegiatan Expo ini kita lakukan untuk mendorong daya saing bagi semua pelaku usaha kuliner di Mimika supaya bisa mengembangkan kuliner secara kreatif dan berdaya saing. Kita berusaha membuka mata para pelaku usaha kuliner di Timika. Dan yang diolah itu merupakan hasil pangan lokal,” kata Kadiskopertif Mimika, Cherly Lumenta ketika diwawancarai usai pembukaan kegiatan Expo Kuliner di halaman Mulia Mini Mall, Jalan Cenderawasih, Selasa (7/11).

Gencarnya dorongan dalam pengembangan berbagai usaha di bidang ekonomi menurut Sherly, sangat penting. Sebab, untuk menuju era globalisasi khusus di Mimika sangat membutuhkan kesiapan dan kemampuan sumber daya manusia yang berintegrasi dan berdaya saing. Karena itu  Diskopertif akan selalu melakukan upaya secara berjenjang utuk membentuk Human Resources  yang berkarakter serta daya juang untuk menciptakan manusia yang tampil kreatif dan sejajar dengan manusia lain.

Dikatakannya, untuk bisa mensejajarkan SDM Mimika dengan dunia luar, maka sangat perlu diarahkan untuk bisa bergabung dalam dunia Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebab, UKM dinilai mempunyai sikap jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu dengan tujuan daya saing.

“Yang hadir dalam expo ini ada sekitar 30 pelaku usaha kuliner. Ada juga yang memamerkan olahan kopi lokal seperti Amungme Gold. Kemudian ada mama-mama yang mengelolah sagu, petatas dan bahan pangan lain. Intinya kita ingin mengasah daya juang semua pelaku usaha kita di bidang kuliner,” katanya.

Industri Kuliner Mendominasi

Sedangkan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE., MH dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Mimika, Ausilius You, S.Pd., MM mengatakan, pesatnya pertumbuhan industri kuliner di Mimika sangat meningkat dan mendominasi dalam peningkatan keberadaan UKM.

“Mulai beberapa tahun terakhir perkembangan bisnis di bidang makanan dan minuman mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Jadi sebagai pelaku usaha, kita semua diharapkan untuk terus memiliki komitmen supaya pertumbuhan UKM kita juga meningkat. Ini semua akan memajukan perekonomian keluarga dan Mimika,” katanya.

Ia mengakui, jika harus membahas persoalan ekonomi, maka salah satu langkah yang sangat penting dilakukan secara konsisten adalah, mengamati secara cermat seluruh potensi ekonomi yang berpeluang menjadi sumber pendapatan yang berdampak pada sumber penghasilan dan penyediaan lapangan pekerjaan.

Dengan demikian untuk di Mimika, sektor kuliner merupakan salah satu dalam menggenjot peningkatan pendapatan masyarakat serta peluang untuk mengikis pengangguran.

“Siapa lagi yang bisa mengembangkan perekonomian kita di Timika, kalau bukan kita sendiri. Kita juga harus bisa menjaga kualitas, baik kemasan, kesehatan, kebersihan dan kesegaran semua produk kita. Hindari menggunakan zat yang tidak sepantasnya digunakan. Karena kalau itu semua tidak terjamin maka kepercayaan akan hilang,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment