Disporapar Kirim 8 Orang Melatih Juri dan Wasit

Bagikan Bagikan


SAPA(TIMIKA) - Dalam rangka mempersiapkan mutu juri dan wasit menghadapi  PON ke XX tahun  2020 mendatang di Papua.   Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Mimika mengirim 8 orang  mengikuti pelatihan juri dan wasit tingkat nasional di Jayapura.

"Dari tanggal 16 November saya sudah kirim 8 orang ke Jayapura.  Dan mulai tanggal 17 mereka sudah mulai mengikuti pelatihan sampai hari ini," kata Kepala Bidang Olahraga Kabupaten Mimika Abraham Parapea kepada Salam Papua di Kantor Sentra Pemerintahan, Senin (20/11).

Dia menyampaikan, MImika mempunyai tantangan yang cukup besar dari sisi prestasi maupun SDM. Karena Kabupaten Mimika saat ini sudah memiliki mimika Sport Center dengan standar internasional. Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka,  Mimika harus mempunyai atlit sendiri serta perangkat pertandingan seperti wasit dan juri berkelas nasional.

"Kita sudah mempunyai MSC dan gor  yang megah. Maka kita juga harus ada atlitnya. Artinya setelah stadion diresmikan konsekuensinya harus ada atlit, lalu SDM manusia tentang perangkat pertandingan seperti wasit dan juri juga  harus ada,”  ujarnya. 

Ke 8 orang yang telah mengikuti pelatihan akan diangkat menjadi wasit dan juri nasional khusus di bidang atletik. Pelatihan juri dan wasit itu juga menjawab tuntutan stadion yang ada di Mimika sudah standar nasional. Maka, Mimika mesti memiliki juri dan wasit yang berskala nasional., itu pertama. Kedua menjawab kebutuhan ketika PON berlangsung salah satu klaster penyelenggara PON pada tahun 2020 di Papua diadakan di Mimika.

"Di  Mimika ini sudah mempunyai standion internasional sehingga wasit dan juri harus dari Timika tidak boleh dari daerah lain," ujarnya. 

Selain itu, Mimika  juga dikatakan harus menyiapkan sedikitnya 400 atlit untuk mengikuti PON ke XX di semua cabang olahraga dan beroptimis untuk juara umum di PON nanti. 

"Mulai sekarang harus kita siapkan 400 atlit dari berbagai usia peserta PON. Saya optimis  400 atlit ini kita bisa dapat," ujarnya. (Albin) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment