DKP Klaim BBI Bhintuka Berfungsi Normal

Bagikan Bagikan

Kadis Kelautan dan Perikanan, Leentje AA Siwabesy

SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mimika, Leentje AA Siwabesy,  mengklaim hingga saat ini Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemda Mimika di Bhintuka, SP 13 masih berfungsi normal. Persoalan kepemilikan lahan akan diselesaikan secara baik-baik.

“Sekarang BBI itu masih berfungsi. Ada pegawai kita  yang ditempatkan di sana. Memang ada persoalan lahannya oleh masyarakat, tapi kita akan terus berusaha untuk membicarakannya baik-baik. Tapi sebelumnya sudah selesaikan proses penggantiannya. Tapi saya belum tahu apa berupa ganti rugi lahan atau tanaman. Yang jelas saat ini berjalan dengan baik,” tutur Leentje, Jumat (17/11).

Untuk pemberdayaan pengembangan BBI tersebut, menurut dia, di 2018 mendatang akan dilakukan perbaikan kolam, penambahan alat dan berbagai perlengkapan lain. Selain hal itu, peningkatan pembinaan terhadap para nelayan khusus pengelola ikan air tawar akan terus ditingkatkan.

Ia mengakui, usaha pembinaan terhadap nelayan lokal akan terus dilakukan disertai dengan pemberian bantuan alat tangkap seperti, fiber, katinting, jaring udang dan ikan serta cool box.

Terkait dengan pembinaan nelayan budi daya ikan tawar, menurut dia, sangat diperlukan pelaksanaan sosialisasi dan pelatihan secara terus menerus. Sebab hingga saat ini nelayan budi daya ikan tawar masih sangat minim.

“Memang ada beberapa nelayan lokal yang juga budi daya ikan tawar, tapi diperlukan pembinaan yang lebih rutin dari pemda, dalam hal ini DKP. Kita harus perlu kesabaran karena karakter setiap orang itu berbeda,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment